Beberapa Legenda dari Peninggalan Sejarah Bangka Belitung

Beberapa Legenda dari Peninggalan Sejarah Bangka Belitung

Batu Balai.--

Pulau Lengkuas adalah salah satu pulau kecil di sekitar Bangka Belitung dengan mercusuar peninggalan Belanda yang indah. Konon, pulau ini dihuni oleh roh-roh nenek moyang, sehingga penduduk setempat selalu menjaga kesucian dan kesakralan pulau ini.

BACA JUGA:Di Balik Tirai Kabut: Mengupas Misteri Gunung Kaba di Bengkulu

-Legenda Gantung Kelimutu

Legenda ini berhubungan dengan Batu Gantung di Pulau Belitung. Menurut cerita rakyat, batu tersebut adalah seorang pria yang terbuat dari batu. Pria itu adalah seorang pelaut yang kehilangan arah di tengah badai, dan dia kemudian berubah menjadi batu oleh tuhan.

-Legenda Lutung Kasarung

Legenda ini berasal dari Pulau Bangka. Kisahnya mengenai seorang putri kerajaan bernama Lutung Kasarung yang dikutuk menjadi kera karena kesombongannya. Setelah melalui banyak cobaan dan belajar dari kesalahannya, Lutung Kasarung kemudian mendapatkan kembali bentuk manusianya.

BACA JUGA:Pusaka Gaib Kerajaan Melayu: Keajaiban Tersembunyi yang Menakjubkan

-Legenda Naga Pari

Legenda ini berhubungan dengan sebuah batu besar yang memiliki gambaran naga di atasnya. Naga Pari diyakini sebagai penjaga keberuntungan dan keamanan bagi warga setempat.

-Legenda Batu Mentas

Batu Mentas adalah batu besar yang terletak di Pantai Mentas di Belitung. Legenda mengatakan bahwa batu itu adalah bekas kapal Nenek Kebayan, yang merupakan nenek sakti yang mengembara di laut dengan perahu batu.

BACA JUGA:Fakta Diplomasi Lama: Sejarah Perjanjian yang Membentuk Pulau Sumatera

-Legenda Batu Baginda

Batu Baginda adalah batu yang memiliki goresan wajah manusia di atasnya. Konon, goresan itu adalah wajah seorang raja tua yang memiliki kekuatan magis dan dihormati oleh masyarakat sekitar.

Perlu diingat bahwa legenda-legenda ini merupakan cerita rakyat dan warisan budaya lisan yang telah berusia ratusan bahkan ribuan tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: