Beberapa Legenda dari Peninggalan Sejarah Bangka Belitung

Beberapa Legenda dari Peninggalan Sejarah Bangka Belitung

Batu Balai.--

BANGKA BELITUNG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - BANGKA BELITUNG, sebuah provinsi di Indonesia, memiliki banyak peninggalan sejarah yang kaya akan mitos dan legenda. Berikut Beberapa di antaranya:

-Legenda Batu Menangis

Di sebuah pantai di Belitung terdapat formasi batu besar yang disebut Batu Menangis. Konon, batu ini menangis karena kesedihan seorang putri yang dicintainya meninggal saat berlayar ke laut. Air matanya yang tak terhentikan kemudian menjadi batu.

BACA JUGA:Siap Nyali Lebih! Yuk Kunjungi Tempat Angker di Lampung, No 2 Ada Tanjakan Mistis

-Legenda Penyeberangan Hantu

Legenda ini berkaitan dengan fenomena alam yang terjadi antara Bangka dan Belitung. Konon, perjalanan antara kedua pulau ini dianggap sebagai tempat berkumpulnya roh-roh orang yang meninggal. Sehingga, ketika orang melintas di antara pulau-pulau ini, mereka harus menjaga sikap dan menghindari merusak atau mengganggu roh-roh tersebut.

BACA JUGA:Kota Atlantis: Tahukah Kamu Ada Misteri Tersembunyi dan Jejak Kehidupan Kuno Bawah Laut Pulau Nias

-Legenda Danau Kaolin

Danau Kaolin adalah danau cantik di Bangka yang terbentuk dari bekas galian kaolin (tanah liat putih). Konon, ada sebuah legenda tentang seekor naga yang menjaga danau ini. Orang-orang setempat percaya bahwa naga tersebut melindungi danau dari orang-orang yang berniat jahat.

BACA JUGA:Kisah Mistis di Pulau Tikus: Misteri di Pulau Enggano Bengkulu

-Mitos Batu Belimbing

Di Bangka terdapat sebuah batu berbentuk mirip buah belimbing, yang disebut Batu Belimbing. Konon, batu ini dipercaya memiliki kekuatan gaib yang dapat membawa keberuntungan bagi siapa pun yang mengusapnya.

BACA JUGA:Kisah Legenda Ratu Pantai Selatan: Dongeng dan Fakta Sejarahnya

-Mitos Pulau Lengkuas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: