Gunung Dempo Terletak di Pagaralam Alami Erupsi ke-2 Kali

Gunung Dempo Terletak di Pagaralam Alami Erupsi ke-2 Kali

Gunung Api Dempo, Pagaralam.-DISWAY NETWORK-

Gunung Dempo Terletak di Pagaralam Alami Erupsi ke-2 Kali

PAGARALAM, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Gunung Api Dempo (GAD) yang berlokasi di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan (Sumsel), kembali menunjukan keaktifannya.

Dikabarkan, sekitar pukul 21.15 WIB, GAD mengalami erupsi atau terjadi letusa di puncak gunung tertinggi di Provinnsi Sumsel tersebut.

Dilansir dari Pagaralam Pos (Disway.ID Network), Kepala Pos Pemantau Gunung Api Dempo Pagaralam, Megian Nugraha mengatakan, erupsi tersebut setidaknya sudah 2 kalinya di bulan Juli 2023 ini.

BACA JUGA:Budaya di Empat Lawang, Sejarah Salah Satu Terowongan Terpanjang di Sumatera Selatan

Meskipun demikian kondisi tersebut masih dikatakan normal, karena status GAD sejal tahun lalu masih berada di Level 2 atau Waspada.

Kondisi ini hampir sama dengan Gunung Api Rinjani di Jambi yang statusnya juga di level 2 bahkan sudah bertahun-tahun.

"Sementar Gunung Api Dempo baru status Waspada atau Level 2 ini dalam 1,5 tahun Belakang," ungkap Megian Nugraha, Rabu (26/7).

Dikatakan Megian, dari data yang ada di Pos Pemantau Gunung ApI dempo Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)  Kota Pagaralam, GAD dalam Juli 2023 ini dua kali sudah terjadi letusan atau erupis.

BACA JUGA:Miliki Luas Sekitar 90 Hektare, Ternyata Pulau Kemaro Banyak Ditemukan Misteei yang Belum Terungkap

Sementara dalam bulan Juli ini juga sudah terjadi sebanyak 8 kali Gempa Vulkanik.

Kondisi ini sudah dilaporkan ke PVMBG Pusat yang ada di Bandung dan akan dievaluasi oleh pusat apakah statusnya akan naik atau tetap berada di Level 2.

Sementara ini, dari data yada ada status masih level 2 dan setiap bulan memang ada kejadian gempa vulkankin dan letusan hembusan.

Pihaknya sudah menghimbau kepada para pendaki yang akan naik ke Gunung Dempo untuk menjauhi Kawah Merapi Dempo sekitar 1 KM dari Bibir Kawah-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: