6 KM Dari Kota Palembang, Lokasi Ini Terkenal Legenda Tan Bun An dan Siti Fatimah

6 KM Dari Kota Palembang, Lokasi Ini Terkenal Legenda Tan Bun An dan Siti Fatimah

Pulau Kemaro.--

PALEMBANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Banyak wisata unik dan menarik di Kota Palembang, salah satunya yakni Pulau Kemaro.

Pulau Kemaro, merupakan sebuah Delta kecil di Sungai Musi, terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Pulau Kemaro terletak di daerah industri,yaitu di antara Pabrik Pupuk Sriwijaya dan Pertamina Plaju dan Sungai Gerong.

Pulau tersebut dinamai Kemaro yang artinya kemarau karena tidak pernah terendam air meskipun arus gelombang Sungai Musi sedang tinggi.

Kisah asal usul inilah yang juga menarik keingintahuan para wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Kemaro dan berziarah ke makam Tan Bun An serta Siti Fatimah yang terkenal. 

BACA JUGA:Terkenal Dengan Legenda Tan Bun An dan Siti Fatimah, Ternyata Ini Misteri Pulau Kemaro

Sama seperti objek wisata di Palembang, pengunjung yang datang ke pulau ini tak pernah dipungut biaya. Harga tiket masuk Pulau Kemaro sendiri sebenarnya sangat terjangkau, bahkan gratis karena tidak perlu mengeluarkan uang tambahan.

tak ada jalur darat menuju lokasi. Jika kamu dari Palembang, hanya ada dua cara pergi ke Pulau Kemaro yaitu dengan menaiki kapal sewa (ABK) melalui Dermaga Benteng Kuto Besak atau lewat Dermaga Pabrik Udang PT Lestari Magris.

Perjalanan menggunakan Perahu Ketek ke Pulau Kemaro ditempuh dengan waktu kurang leabih 30 menit atau sekitar 6 km dari dermaga BKB. Sedangkan perjalanan menggunakan speedboat ditempuh dengan waktu kurang lebih 15 menit.

BACA JUGA:Serem Banget! Ternyata Ini 6 Fakta Misteri Pulau Kemaro di Sumsel, Ada Bentang Tuanya?

Menggemparkan Dunia, Ternyata Ini 6 Fakta Misteri Pulau Kemaro di Sumsel.

Selama ini banyak wisatawan yang mengira Pulau Kemaro hanya terbatas dengan area Pagoda dan kelenteng saja.

Ternyata masih ada bagian lain Pulau Kemaro juga dihuni oleh ribuan warga yang bergantung kehidupannya pada pertanian, nelayan dan menyelam.

BACA JUGA:Bikin Bulu Kuduk Berdiri! Ternyata Ini 6 Fakta Misteri Pulau Kemaro di Sumsel

Berjarak sekitar 1,8 KM dari kelenteng menuju bagian timur Pulau Kemaro, terdapat rumah-rumah panggung yang berjajar di muara sungai, hingga bagian timur ke utara, masih banyak perkebunan warga seperti singkong, tebu, cabai, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: