Daerah Ini Banyak Ditemukan Tanaman Ciplukan, Cek Ciri-cirinya!

Daerah Ini Banyak Ditemukan Tanaman Ciplukan, Cek Ciri-cirinya!

Ciplukan.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Ciplukan, juga dikenal dengan nama ilmiah Physalis angulata, adalah tanaman yang biasanya banyak ditemukan di wilayah tropis dan subtropis, terutama di Asia Tenggara.

Tanaman ini termasuk dalam keluarga Solanaceae, yang sama dengan tomat dan terong. Berikut adalah beberapa ciri fisik dari tanaman ciplukan

BACA JUGA:Mengungkap Misteri yang Belum Terungkap, Ini 6 Fakta Penemuan Terbarunya

1. Batang

Tanaman ciplukan memiliki batang yang berbentuk merayap atau menjalar. Batangnya bisa mencapai panjang beberapa meter, tergantung pada kondisi lingkungan tempatnya tumbuh.

2. Daun

Daun ciplukan bersifat bergantian dan bertangkai pendek. Bentuk daunnya biasanya oval atau berbentuk hati, tepiannya bergelombang, dan memiliki permukaan yang berbulu halus.

BACA JUGA:Menyelamatkan Sumsel dari Ancaman Ekologis: Herman deru Bersama Mapala Gema Persada. Lh Aksi Peduli Mangrove

3. Bunga

Bunga ciplukan berbentuk lonceng kecil dengan kelopak berwarna hijau kekuningan. Bunganya muncul dalam kelompok di ketiak daun.

4. Buah

Buah ciplukan adalah ciri yang paling mudah dikenali. Buahnya berbentuk bola dan berwarna hijau saat masih muda, kemudian berubah menjadi oranye ketika matang. Buah ini dikelilingi oleh kelopak yang berbentuk seperti lampion, yang berfungsi melindungi buah ketika masih dalam tahap pertumbuhan.

BACA JUGA:Mengungkap Keajaiban Tersembunyi Pulau Jawa: Pesona Alam dan Budaya yang Memukau!

5. Isi Buah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: