Tol Padang-Pekanbaru Belum Jelas, Total 162,1 Km Belum Dikerjakan

Tol Padang-Pekanbaru Belum Jelas, Total 162,1 Km Belum Dikerjakan

Tol Padang-Pekanbaru.--

BACA JUGA:Lahan Gambut Jadi Kendala Utama Pengerjaan Tol Jambi-Palembang

Total panjang seksi ini sebenarnya 40 kilometer, namun yang sudah rampung baru tahap Sungai Pinang-Bangkinang. Sisanya 9,1 Kilometer Pekanbaru-Sungai Pinang ditargetkan rampung tahun 2023.

Kedua, Tol Bangkinang-Pangkalan tahap I sepanjang 24,7 Kilometer yang sudah dikerjakan dari Bangkinang menuju Tanjung Alai Kampar. 

Sisanya dari Tanjung Alai Kampar ke Pangkalan masih belum diketahui, apakah tahun ini atau tahun berikutnya dibangun, itu masih menunggu informasi dari Kementerian PUPR. 

BACA JUGA:Apakah Tol Palembang-Betung Sudah Beroperasi? Ini Waktu Tempuhnya

Tol Ketiga yang sudah nampak progres pembangunannya yaitu Tol Padang-Sicincin sepanjang 28 Kilometer. Meski sudah 5 tahun pembangunannya sejak 2018, namun kian ke sini kian tampak terang benderang bahwa tol ini terus bertambah Panjang dan besar harapan bisa segera selesai.

Ruas Tol Padang-Sicincin ditargetkan pemerintah beroperasi pada Juni 2024 dan sudah bisa operasi di momen Lebaran 2024.

Sementara itu, 3 seksi lainnya, sepertinya memang masih belum ada kabar terbaru, kapan akan mulai dibangun.

BACA JUGA:Pembangunan Tol Betung-Jambi Ada Kendala, Penlok Trase Jalan Direvisi

Di antara ruas tol Padang-Pekanbaru yang belum ada kepastian jadwal pembangunannya adalah seksi Sicincin-Bukittinggi sepanjang 41 km, seksi Bukittinggi-Payakumbuh sepanjang 36 km, seksi Payakumbuh-Pangkalan sepanjang 43 Kilometer dan sisa seksi Pangkalan-Bangkinang yaitu Pangkalan-Kampar sepanjang kurang lebih 31,3 Kilometer.

Akankah jalan tol ini akan dibangun hingga habis masa jabatan Jokowi 2024?

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikutip dari keterangan resminya melalui situs PUPR mengatakan, saat ini pemerintah memang sedang fokus menyelesaikan terlebih dahulu ruas tol yang sedang berjalan.

BACA JUGA:Exit Tol Musi Landas dan Exit Tol Pangkalan Balai di Mana? Ternyata di Sini Lokasinya!

Pemerintah kata Basuki, juga sedang fokus menyelesaikan backbone JTTS mulai dari Lampung, Sumsel, Jambi, Riau, Sumut hingga ke Aceh. “Kita utamakan dulu backbone,” tegasnya seperti dilansir dari Jambiekpres.co.id

Meski sirip Jalan tol Trans Sumatera juga adalah target penyelesaian, seperti halnya Tol Padang-Pekanbaru yang merupakan sirip, juga Tol Pelembang-Bengkulu dan tol Tebing Tinggi-Sibolga. Namun Basuki memastikan proses pembangunan JTTS tidak akan berhenti dan akan terus berlanjut sehingga target JTTS tersambung bisa terwujud nantinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: