Mau Berhaji dengan Biaya Rp 3,5 juta, simak Kisah Sulaiman TKI Arab Saudi

Mau Berhaji dengan Biaya Rp 3,5 juta, simak Kisah Sulaiman TKI Arab Saudi

--

 

 

EMPATLAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Salah seorang Tenega kerja Indonesia (TKI) yang sudah 29 tahun bekerja di Madinah mengaku sudah 18 kali berhaji dengan biaya yang sangat murah. Seperti dipansir dinkanal youtube @ bubur paddas gaming.

BACA JUGA:Video Viral Shalat Nyeleneh Mulai Terkuak

TKI yang diketahui bernama Haji Sulaiman ini menggunakan trik bagaiman bisa berhaji, ia juga takragu membagikan trik yang dilakukannya untuk berhaji. Haji dengan biaya yang sangat murah,ianmembeberkan bahwa dirinya hanya menggunakan trik membayar taksi dijalan.

BACA JUGA:Pemekaran Kabupaten Gelumbang Sangat Realistik, Optimis Segera Terwujud

Nah, saat memasuki musim haji, langka pertama yang harus di lakukannya yakni mencari dan menyimpan nomor telepon supir taksi orang arab asli. Syarat lainya sopir taksi ini harus bersedia menjemput ke Madinah kita pakaia baju perempuan pakai cadar. 

BACA JUGA:Kabupaten Baru Rambang Lubai Lematang, Warga Siapkan 40 Hektar Hibah Lahan

Untuk mengelabui kepolisian dan masuk ke Jeddah Sulaiman mengenakan pakaian Wanita dan bercadar. "Jadi walaupun kita laki-laki untuk keamanan masuk ke Mekkah, "ujar nya.

BACA JUGA:Beda Dengan yang Lain dan Hemat, Ini Istilah Haji Backpacker

Walupun dihadang oleh polisi Mekkah cukup menyebut keluarga dari sopir taksi. Menurut ya walaupun di hadang oleh supir taksi Mekkah tapi saat disebut keluarga sopir taksi langsung di suruh masuk.

BACA JUGA:Haji Apa Yang Bisa Langsung Berangkat?Apa Itu Haji Furoda dan Haji Plus? Simak Penjelasanya Disini

Saat itulah kesempatan Sulaiman Bisa berhaji, Sulaiman hanya mengeluarkan uang 75 real, atau sekitar Rp 3,5 jt Biayanya memang murah karena Sulaiman tidak bernagkat dari Indonesia. Sulaiman merupakan tenaga kerja indonesia (TKI) di Arab Saudi.

BACA JUGA:Ingin Naik Haji Tanpa Antri? Coba Naik Haji Mandiri!

Sudah 20 tahun dia bekerja di Kota Madinah, Arab Saudi. Sementara itu kementrian Agama dan DPRD menetapkan Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) 1444 H/2023 sebesar Rp 90.05 jutajuta.

BACA JUGA:Daftar Haji 2023, Berangkat Tahun Berapa.? Berikut ini Daftar Tunggu Haji Berdasarkan Situs Haji Kemenag

Jumlah itu turun dari usulan sebelumnya dari kementrian agama sebesar Rp 9jut8, 89 juta, Secara rinci Biaya Perjalanan Ibdah Haji Bipih alias biaya yang ditanggung oleh jemaah haji sebesar 49,81 Juta Atau 55,3 persen dari BPIH Angka ini lebih kecil dibanding usulan awal, yaitu sebesar Rp 69,19 jutajuta atau 70 persen dari total BPIH.

BACA JUGA:Cara Haji Backpacker, Ternyata Visa Ini yang Dipakai

Sementara itu nilai manfaat yang bakal di tanggung oleh badan pengelolan keuangan haji BPKH adalah sebesar.l Rp 40,23 juta atau 44.7 persen dari total BPIH. Sementara usulan semula nilai. Manfaat tersebut Sekitar Rp 30 juta atau 30 persen.

BACA JUGA:Cara Haji Backpacker, Ternyata Visa Ini yang Dipakai

Dengan sekema tersebit, nilai. Manfaat yang digunakan yaitu sebesar Rp 8,09 triliun. "Keselakatan ini betdasarkan hasil lembahasan atas skema Usulan oemerintah dengan jemaah membayar Rp 69 juta dan penggunan nilai manfaat sebesar Ro 5,9 Triliun."ujar Mentri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Secara total Indonesia mendapat 221.000 kuota jemaah haji pada 2023.(*).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: