Memukau Penonton, Penampilan Kotingen Kesenian Pagar Alam Sukses

Memukau Penonton, Penampilan Kotingen Kesenian Pagar Alam Sukses

FESTIVAL : Saat penampilan Kotingen Kota Pagar Alam di Festival Sriwijaya. Foto: Reri Alfian/Rakyat Empat Lawang.--

PAGARALAM, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kontingen Kesenian Kota Pagar Alam berhasil memukau para penonton dalam pagelaran Festival Sriwijaya ke XXXI tahun 2023 di Kota Palembang, Minggu Malam, (26/06).

Hal ini dibuktikan dengan atusias serta sorakan yang luar biasa dari para penonton.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Pagar Alam, Cholmin Heriyadi melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Lusi Suriani didampingi Pamong Kebudayaan, Leni mengatakan, untuk kotingen kesenian Kota Pagar Alam sudah tampil. "Yah, tim kita sudah tampil dan alhamdulillah penampilannya sangat memuaskan,"bebernya.

BACA JUGA:Bupati Lahat Bersama Jemaah Haji Kloter 13, Lakukan Ini Sebelum Wukuf di Arafah

Lusi juga menambahkan, dengan tampilnya Kota Pagar Alam bisa lebih mengenalkan potensi-potensi yang ada, seperti contohnya kebudayaan, kesenian serta wisata budaya

"Sehingga masyarakat luas bisa mengetahui apa yang ada di Kota Pagaralam,"tuturnya.

Salain, lanjut Lusi itu juga dalam keikutsertaan tim Kota Pagar Alam mengikuti festival sriwijaya ini menjadi wadah pemuda-pemudi serta tempat untuk menyalurkan bakat dan mengembangkan kemampuanya dibidang kebudayaan.

BACA JUGA:Kok Bisa, Sumur Warga di PALI Berisi Pertalite

Untuk diketahui, Pemerintah Sumatera Selatan dalam rangka mengangkat kembali nilai-nilai tradisional dalam frame kejayaan Kerajaan Sriwijaya. 

Setelah sebelumnya kerap diadakan di lokasi berdasarkan pertimbangan ekonomi, festival sriwijaya untuk pertama kalinya diadakan tepat di lokasi kerajaan tersebut pernah berdiri, yaitu di Situs Karang Anyar yang sekarang difungsikan sebagai Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya.

Pembukaan festival sriwijaya berlangsung di kanal kuno yang terletak di sebelah barat Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya. 

BACA JUGA:Meskipun Siswa Sekolah Mulai Libur, Arus Mudik Idul Adha Masih Sepi

Pembukaan tersebut ditandai dengan pertunjukan teatrikal yang menggambarkan pelayaran Kerajaan Sriwijaya yang dikenal sebagai kerajaan maritim terbesar di nusantara. 

Pertunjukan teaterikal juga menjelaskan bagaimana proses kedatangan Dapunta Hyang dan pasukannya ke Palembang yang menjadi cikal bakal Kerajaan Sriwijaya di kota yang terkenal dengan Jembatan Ampera nya ini. (Rer)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: