Budidaya Lele Jadi Salahsatu Kegunaan Lahan Ketahanan Pangan di Desa Baturaja Baru

Budidaya Lele Jadi Salahsatu Kegunaan Lahan Ketahanan Pangan di Desa Baturaja Baru

TP-PKK Kabupaten Empat Lawang saat mengecek lahan ketahanan pangan di desa Baturaja Baru yang tak hanya menanam sayuran, tapi juga budidaya lele sistem bioflok. Foto: Andika/Rakyat Empat Lawang.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Lahan ketahanan pangan di Fesa Baturaja Baru, kecamatan Tebing Tinggi kabupaten Empat Lawang, tak hanya menerapkan penanaman sayuran atau tanaman bermanfaat lainya, di lahan desa ini juga ternyata ada kolam ikan lele sistem bioflok.

Budidaya ikan lele dengan sistem bioflok ternyata sudah beberapa kali panen. Hasil panen dibagikan ke warga dan sebagian di budidayakan lagi.

Ketua TP-PKK Kabupaten Empat Lawang, Hj Hepy Safriani didampingi pengurus PKK menjelaskan, menggunakan kolam bioflok ini memang cocok untuk ikan lele. Di samping kolam ini juga bisa di tanami kangkung untuk pakan alami ikan.

BACA JUGA:Jalan Penghubung Provinsi Rusak Hingga Timbulkan Debu dan Banjir

BACA JUGA:Al-Zaytun Sesat || Lembaga Bahtsul Masail PWNU Jawa Barat Resmi Menyepakati Ma'had Al-Zaytun Menyimpang

Tapi untuk pakan khusus ikan masih menggunakan pelet yang diberikan secara rutin. Sedangkan untuk indukan atau ikan-ikan yang sudah besar siap panen, harus dipisah.

Karena jika tidak dipindahkan, bisa memakan ikan-ikan yang lebih kecil. ‘’Budidaya ikan ini sangat cocok untuk ketahanan pangan warga,’’ katanya.

Cara budidaya ini, lanjutnya, tak butuh lahan besar. Bisa memanfaatkan pekarangan rumah sehingga mudah di awasi dan mudah perawatannya.

BACA JUGA:KIP KEMDIKBUD || Cara Mendaftar KIP Kuliah Merdeka Anti Ribet Cek Syarat-syaratnya

BACA JUGA:IISMA Apa Itu? Nih! 66 Mahasiswa Indonesia Berkesempatan Belajar ke Selandia Baru

Kades Baturaja Baru, Agustian Hadinata menjelaskan, budidaya ikan lele sistem bioflok ini adalah suatu sistem pemeliharaan ikan dengan cara menumbuhkan mikroorganisme. Fungsinya mengolah limbah budi daya itu sendiri menjadi gumpalan-gumpalan kecil yang bermanfaat sebagai makanan alami ikan.

Sistem bioflok ini sangat bagus untuk perkembangbiakan ikan lele. ‘’Ikan cepat besar dan panennya mudah. Ikan lele ini sangat bagus dikonsumsi karena bisa mencegah stunting,” jelasnya. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: