Kota-kota Ini Disebut Dalam Al Quran, Indonesia Termasuk?

Kota-kota Ini Disebut Dalam Al Quran, Indonesia Termasuk?

Ka'bah.--

Kata Bakkah ini dapat di temukan dalam aurat Al Imron ayat 96.

Selanjutnya disebut Al Balad Al Amin karena Makkah tempat yang aman, umat manusia ke tempat ini tidak perlu cemas dan was-was karena dilindungi oleh Allah SWT.

Alasannya Nabi Muhammad SAW, panutan umat muslim dilahirkan disini dan seluruh umat muslim melaksanakan Ibadah Haji dan Umroh ke tanah suci ini sebagimana di temukan di surat At Tin ayat 3.

Yang tidak kalah menarik sebutan Ummul Qura atau pusat desa, karena Mekkah menjadi kiblat warga desa memiliki kedudukan yang tinggi dan spesial dari hati masyarakat. 

BACA JUGA:Pencuri Pipa Milik Pertamina Ditangkap

Penamaan Umul Qura disebutkan dua kali dalam surah Al Annam ayat 92 dan As Syura ayat 97.

Selanjutnya Mekkah juga disebut Al Bait Al !tik yang artinya rumah kuno, karena ditempat ini pernah di bangun pertama kali di muka bumi sebagai tempat ibadah, ini disebut dua kali dalam surah Al Hajj ayat 29 dan 33.

Jika nama-nama tadi disebutkan secara gamblang oleh Allah ada juga yang disebut oleh Allah secara tidak tegas namun masih menuju kota Makkah. Seperti Al Balad, Al Qaryadan Masjidil Haram. 

Kota kedua yang disebutkan dalam Al Quran dan sering adalah kota Madinah.

BACA JUGA:Sumur Minyak Ilegal Meledak

Sebanyak 14 kali kota Madinah muncul dalam Al Quran hanya saja kata tersebut tidak merujuk pada kota Madinah tapi merujuk kota pada umum nya karena Madinah sendiri artinya sebuah kota, dulu Madinah disebut sebagimana diabadikan Allah SWT dalam surah Al Ahzab ayat 13. 

Kota yang dibangun nabi Muhammad dan ditempat ini lah Nabi Nuhammad di kebumikan.

Sebagaimana kota Madinah disebutkan pula dalam surat At Tauba Ayat 120.

Selanjutnya Al Misor, kota di afrika yang disebut lima kali dalam Al Quran surah Al Baqarah ayat 61, surah Yunus ayat 87, surah Yusuf ayat 21 dan 29, juga al Zuhruf ayat 51.

BACA JUGA:Pencuri Pipa Milik Pertamina Ditangkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: