Desa Tanjung Kupang Baru Gelar Forum Konsultasi Publik

Desa Tanjung Kupang Baru Gelar Forum Konsultasi Publik

Pemdes Tanjung Kupang Baru gelar forum konsultasi publik. Foto:Andika/REL--

EMPATLAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Kupang Baru menggelar kegiatan Forum Konsultasi Publik Pendataan Awal Rengsosek bersama tim badan pusat statistik kabupaten Empat Lawang, bertempat di rumah pribadi kepala desa Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, Kamis (11/05/2023). 

Kades Tanjung Kupang Baru, Jumadi mengatakan kegiatan FKP Rengsosek tingkat desa dilakukan agar supaya pengelompokan masyarakat kategori menjadi empat kelompok.

BACA JUGA:Desa Sugihwaras Juga Salurkan BLT DD Jelang Lebaran

“Diantaranya keluarga sangat miskin, keluarga miskin, keluarga rentan miskin, dan keluarga tidak miskin yang ditetapkan oleh Pemerintah Desa itu sendiri berkerjasama dengan badan pusat statistik kabupaten empat Lawang, sehingga Bansos kedepan tidak akan salah sasaran,” tutur Kades.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bhabinsah, tim pendamping dari BPS Kabupaten Empat Lawang dan sekretaris desa serta jajaran perangkat desa Tanjung Kupang Baru.

BACA JUGA:Desa Baturaja Baru Cairkan BLT DD Sebelum Lebaran

Sementara Asisten Fasilitator, Ayu Wulandari menjelaskan terkait kegiatan Regsosek bukanlah sekedar pendataan jumlah orang miskin saja, tapi Regsosek ialah pemerintah ingin mengetahui sejauh mana tingkatan masyarakat di desa itu seperti apa di bagi menjadi ( 4 ) kategori, yakni masyarakat sangat miskin (extreme), masyarakat miskin, masyarakat rentan miskin dan masyarakat tidak miskin. Jadi lebih pada pendataan terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat didesa.

Dalam kegiatan tersebut nantinya akan muncul satu data yang nantinya akan digunakan rujukan masing masing lembaga kementrian serta untuk menentukan program. Selain itu,Ayu Wulandari, juga memberikan trik – trik bagaimana cara mengatasi kendala yang ada dilapangan. **

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: