Pendaftaran Bacaleg 2024 di Buka, Ini Kata Ketua KPU Empat Lawang

Pendaftaran Bacaleg 2024 di Buka, Ini Kata Ketua KPU Empat Lawang

Ketua KPU Empat Lawang Eskan Budiman--

EMPATLAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat beberapa hari yang lalu menetapkan tanggal 1 Mei menjadi pembukaan pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) untuk pemilu 2024 mendatang.

Sehubungan dengan hal ini, wartawan REL berkunjung ke kantor KPU Empat Lawang untuk menanyakan sudah adakah parpol yang mendaftarkan Bacalegnya.

BACA JUGA:KPU Tetapkan Pembukaan Pendaftaran Bacaleg Pemilu 2024

Dari pantauan wartawan, hingga saat ini belum ada parpol yang mendaftarkan Bacaleg mereka hingga berita ini naik.

"Belum ada, karena sekarang ini kan masih proses melengkapi berkas. Jadi kalau dari aplikasi itu belum di cek, tapi kalau secara manual itu belum ada," kata Ketua KPU Empat Lawang, Eskan Budiman saat ditemui, Rabu (3/5/2023).

BACA JUGA:Usia di Atas Ini Tidak Boleh Jadi Anggota KPPS Pemilu 2024, Ini Penjelasan KPU!

"Karena pembukaan (pendaftaran) itu baru dibuka tanggal 1 kemarin, mereka (parpol) saat ini mungkin sedang melengkapi persyaratan-persyaratan dan alat-alat pendukungnya sebagai caleg. Sedangkan Pendaftaran dilakukan secara online melalui aplikasi SILON dari operator parpol itu masing-masing," terang Eskan.

Ia juga menjelaskan tahap-tahap apa saja yang akan dilalui peserta pemilu untuk menjadi mengikuti kontestasi pemilu tahun 2024 nanti.

BACA JUGA:KPU RI Menang Banding, Penundaan Pemilu Tak Jadi

"Jadi untuk peserta itu adalah parpol, sekarang ada 24 partai termasuk dari partai lokal aceh. Untuk tahapan² nya, mereka itu mulai tahap DCS atau daftar caleg sementara, dimulai dari mereka mendaftar dari parpol masing-maisng yang nanti kita verifikasi lolos atau tidak," jelasnya.

Kemudian tambah Eskan, jika nanti mereka memenuhi syarat maka akan menjadi DCS. DCS itupun nanti ketika ada kekurangan atau sebagainya masih bisa dilakukan perbaikan untuk menuju DCT-nya atau daftar caleg tetap.

BACA JUGA:KPU Matangkan Persiapan Menjelang Kirab Pemilu 2024

"Yang namanya keluar sebagai DCT itulah yang nanti menjadi peserta pemilu," imbuhnya.

Lebih lanjut terkait kuota masing-masing parol, ia juga menjabarkan hal itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: