Buntut Kasus dr Carel Triwiyono Hamonangan, Penempatan Dokter Internsip di Provinsi Lampung akan Dievaluasi

Buntut Kasus dr Carel Triwiyono Hamonangan, Penempatan Dokter Internsip di Provinsi Lampung akan Dievaluasi

Ilustrasi--

JAKARTA, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan mengevaluasi penempatan dokter internsip di Provinsi Lampung untuk memastikan kepala daerah dapat lebih menjamin keamanan dan keselamatan para dokter.

Hal teraebut disampaikan Dirjen Tenaga Kesehatan Kemenkes, drg Arianti Anaya.

BACA JUGA:Dokter Jaga Diseret, Dicekik dan Dibanting ke Lantai, Pelakunya Sudah Ditangkap

Dalam keterangannya seperti yang ditayangkan di laman https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/ drg Arianti Anaya menyampakan, Kemenkes akan mengawal proses hukum terkait kasus dr Carel Triwiyono Hamonangan dan dr Putri yang menjadi korban kekerasaan saat menjalankan tugas di Puskesmas Pajar Bulan, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat.

Kemenkes kata dia, akan memberikan pendampingan kepada dua dokter internsip (magang) itu saat mereka memberikan keterangan yang diperlukan dalam proses penyidikan oleh kepolisian terkait tindak kekerasan yang mereka alami.

BACA JUGA:Dukungan ke dr Carel Triwiyono Hamonangan Terus Mengalir, Pelaku Harus Dihukum Berat!

“Dalam memberikan keterangan ke kepolisian, dua dokter ini akan kita dampingi. Kemenkes juga akan mengawal proses hukum terkait kasus ini,” kata drg Arianti Anaya (25/4/2023).

Untuk keamanan, sambung dia, kedua dokter ini sementara akan ditempatkan di RSUD setempat yang memiliki keamanan yang lebih baik.

BACA JUGA:IDI Lampung Barat Pastikan Tidak Akan Ada Jalan Damai Pada Kasus dr Carel Hamonangan

Langkah-langkah tersebut diambil setelah Arianti mengadakan rapat koordinasi bersama pimpinan Dinas Kesehatan Lampung Barat dan Provinsi Lampung.

“Kami meminta seluruh kepala daerah di Indonesia agar memberikan perlindungan bagi dokter dan dokter gigi yang saat ini sedang melakukan program magang di daerah mereka agar kejadian di Lampung Barat ini tidak lagi terjadi ditempat lain,” tutupnya.

BACA JUGA:Kondisi dr Carel Triwiyono, Diizinkan Tidak Melaksanakan Tugas Paska Insiden Penganiayaan

Diberitakan sebelumnya, seorang dokter jaga di Puskesmas Pajar Bulan, Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat, dikeroyok dan dianiyah oleh dua orang.

Korban diketahui bernama dr Carel Triwiyono Hamonangan, diduga mendapatkan penganiayaan dari dua orang pelaku Adi Wirahman warga Gang Senen Griya Arta Blok A1 Nomor 5 kota Bandar Lampung dan Misran Hadi warga Gang Swadaya Vc no 5 LK II Kelurahan Gunung Terang, Bandar Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: