Nah Loh!, Lebaran Hari ke-2 Jemaah Tarekat Santri Masih Jalankan Puasa Ramadan

Nah Loh!, Lebaran Hari ke-2 Jemaah Tarekat Santri Masih Jalankan Puasa Ramadan

Ilustrasi--

SUMATERA BARAT, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Ternyata hingga Minggu (23/4/2023) Jemaah Tarekat Santri di Kota Bukittinggi Sumatera Barat (Sumbar), masih menjalankan ibadah puasa Ramadan 1444 Hijriah.

Hal tersebut berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan jemaah Tarekat Santri baru akan merayakan Hari Raya 1 Syawal jatuh pada Senin (24/4/2023).

BACA JUGA:Kemenag Tetapkan Lebaran Jatuh Pada Hari Sabtu 22 April

Menariknya, penetapan lebaran tersebut, dilakukan jemaah Tarekat Santri dengan menyaksikan hilal.

Namun, dari hasil pengamatan di perbukitan Bukik Lampasa di Kelurahan Puhun Pitu Kebun, Kecamatan Mandiangin Koto Selatan, Kota Bukittinggi, hilal belum terlihat.

BACA JUGA:Lain Dari Yang Lain, Jemaah Aolia Lebaran Hari Ini

Sedangkan dalam penentuan penentuan 1 Syawal, jemaah Tarekat Santri ini menggunakan metode hisab takwin atau melihat bulan dengan mata telanjang tanpa alat bantu. 

Kemudian jemaah Tarekat Santri di Kota Bukittinggi, baru memulai melaksanakan puasa Ramadan, pada 25 Maret 2023 lalu.

BACA JUGA:Malangnya! Pria Paruh Baya di Baturaja Hilang Terseret Arus Sungai Saat Hendak Pulang Berlebaran

Dilansir dari Akun tiktok officialinews, para jemaah Tarekat Santri yang tersebar di sejumlah wilayah di Sumbar tersebut, masih menjalankan ibadah puasa dan salat Tarawih pada Sabtu (22/4/2023) malam. 

"Kita sempurnakan puasa Ramadan 30 hari, sehingga Hari Raya 1 Syawal 1444 H baru akan dilaksanakan pada Senin (24/4/2023)," ujar Pimpinan jemaah Tarekat Santri Bukittinggi, Pakiah Tuanku Nan Basa. **

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: