ODGJ di Desa Makarti Jaya, Dibangunkan Rumah

ODGJ di Desa Makarti Jaya, Dibangunkan Rumah

CEK: Pengecekan kelayakan rumah khusus ODGJ di Desa Makarti Jaya, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Selasa (15/3/2023). Foto: Istimewa--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pemerintah Desa (Pemdes) Makarti Jaya, membentuk Tim Koordinasi Penanganan Warga Penderita Gangguan Jiwa. 

Tim ini menghadirkan pihak dari Kepolisian, Dinas Sosial, Kementerian Sosial, pihak keluarga ODGJ dan masyarakat desa itu sendiri.

Tim ini sendir telah mengadakan musyawarah pada Jum’at lalu, tanggal 10 Maret 2023 dan dalam rapat tersebut membuahkan kesepakatan, untuk membuatkan rumah khusus, secara secara gotong-royong oleh pihak keluarga dan warga, yang akan ditempati ODGJ atas nama Fahrulrozi.

BACA JUGA:Awal 2023 Sudah 2 ODGJ Dibawa ke RSJ

Untuk perawatan dan pengobatan dilakukan oleh pihak keluarga atas  kesepakatan dari keluarga dan masyarakat.

Hal ini karena ODGJ atas nama Fahrulrozi dianggap telah meresahkan dengan melakukan tindakan kekerasan terhadap masyarakat desa setempat.

Bangunan rumah itu sendiri sudah selesai sejak Selasa (14/3/2023) kemarin. Karenanya, pengecekan oleh perangkat desa setempat dengan pendampingan dari pihak kepolisian, Dinas Kesehatan, dan Dinas sosial, guna mengetahui kelayakan rumah khusus tersebut, yang diperuntukan bagi warga ODGJ tersebut.

BACA JUGA:ODGJ Pecahkan Kaca ATM BNI

BACA JUGA:Tragis!!, Nenek 70 Tahun Ditemukan Tewas Diduga Gantung Diri

Dari pengecekan rumah khusus tersebut pihak Dinkes, dan Dinsos menyatakan layak dan aman untuk dihuni oleh ODGJ.

Selanjutnya akan diadakan kegiatan musyawarah desa perihal penandatangan berita acara rumah khusus untuk warga ODGJ, dengan menghadirkan pihak dari pemerintah kecamatan, TNI, kepolisian, dan Dinas Kesehatan, serta Dinas Sosial dan Pol PP. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: