Puluhan Ekor Ayam Mati Diduga Terserang Virus

Puluhan Ekor Ayam Mati Diduga Terserang Virus

Petugas dari Dinas Pertanian dan Perternakan Kabupaten Empat Lawang, saat menginvestigasi kandang ayam milik warga, Rabu (15/2/2023). Foto: Adi Candra/REL--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Puluhan ekor ayam milik warga di Talang Banyu Kelurahan Tanjung Kupang, Tebing Tinggi Kabupaten EMPAT LAWANG, ditemukan mati diduga terserang virus.

"Setiap hari sejak dua pekan terakhir, ayam peliharaan saya mati tidak tahu penyebabnya," ungkap Hafiz, salah seoarang warga Talang Banyu Tebing Tinggi, Rabu (15/2/2023).

Menurut Hafiz, selama kurun waktu dua pekan tersebut, sudah 50 ekor lebih ayam jenis ayam kampung dan ayam bangkok peliharaannya, tiba-tiba mati. Kondisi ini membuat dia mengaku kebingungan.

"Kerugian sudah pasti jutaan, karena sudah puluhan ekor yang mati," ujarnya.

BACA JUGA:Kades Desak BPD Terbitkan Perdes Tentang Hewan Ternak

Bahkan saat ini, kandang ayam miliknya sudah tidak ada lagi penghuninya, habis tidak bersisa.

"Terakhir pagi tadi, ayam indukan yang sedang mengerami telur, ditemukan sudah mati," sesalnya.

Kondisi ini sambung dia, sudah dilaporkan ke Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang. Bahkan tim dari Dinas Pertanian sudah ke tempatnya paska dia laporkan.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertanian dab Perternakan Kabupaten Empat Lawang, Hendra Lezi mengatakan, pihaknya sudah menugasi tim ke kandang ayam milik warga seperti yang dimaksut.

BACA JUGA:Membahayakan Pengendara, Hewan Ternak Warga Berkeliaran di Jalan Raya

"Ya, sudah kita tugaskan tim ke sana, untuk mengecek dan mengambil sampel ayam di sana," kata Hendra Lezi.

Di sisi lain, salah seorang petugas kesehatan hewan Dinas Pertanian dan Perternakan Kabupaten Empat Lawang, Muhammad Rohim mengatakan, dalam peninjauan yang dilakukan pihaknya ke kandang ayam tersebut, pihaknya menduga penyebab banyak matinya ayam peliharaan warga tersebut, diduga terserang virus.

"Namun, untuk pastinya kita bawa sampel dulu ke laboratorium, untuk memastikan apa penyebab yang sebenarnya," terang dia.

Sejauh ini sambung dia, baru ada satu laporan terkait banyaknya ayam yang mati dalam waktu hampir bersamaan dari peternak ayam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: