Membahayakan Pengendara, Hewan Ternak Warga Berkeliaran di Jalan Raya

Membahayakan Pengendara, Hewan Ternak Warga Berkeliaran di Jalan Raya

Hewan ternak warga yang berkeliaran di jalan raya--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID, EMPAT LAWANG - Banyak hewan ternak seperti sapi dan kambing di Kecamatan Tebing Tinggi dibiarkan berkeliaran di jalan. Hal ini kerap membahayakan pengendara.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas, pengendara yang melintas meminta kepada warga pemilik ternak, untuk mengandangkan atau mengikat ternaknya agar tidak menggangu pengguna jalan.

“Sangat membahayakan. Tolong yang punya hewan ternak ini bisa dikandangkan,”pinta Umar Sidik (45) salah satu pengendara yang melintas, Kamis (11/8/2022).

BACA JUGA:Semarakan HUT RI, SD N 4 Pendopo Gelar Beragam Lomba

Dia mengaku pernah terjadi kecelakaan akibat hewan ternak yang keliaran di jalan. Meskipun dampaknya tidak menimbulkan luka parah, tetap saja merugikan pengguna jalan. “Belum lama ini ada warga yang jatuh karena menabrak kambing,”ucapnya.

Tak hanya membahayakan pengguna jalan, menurutnya, ternak yang berkeliaran membuat jalan jadi kotor. Sebab, hewan ternak kerap buang kotoran di badan jalan. Hal ini kata Herman perlu ada kesadaran dari pemilik ternak. “Itu perlu maksimalkan Perda. Kita berharap saja pemerintah bisa tanggap mengenai masalah ini,”pintanya.

Hal yang sama dikatakan Royan (24) warga Tebing Tinggi. Dirinya mengaku agar warga bisa mengkandangkan hewan ternaknya yang sering berkeliaran di jalan, terutama di jalan aspal. “Kita sebagai pengendara, harus hati-hati jika ingin melintas, apalagi banyaknya hewan kaki empat yang dibiarkan bebas berkeliaran di jalan,”pungkasnya. (ar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: