Getah Karet Masih di Bawah Rp10 Ribu

Getah Karet Masih di Bawah Rp10 Ribu

SADAP: Seorang penyadap karet, sedang melakukan aktifitas penyadapan, Selasa (14/2). Foto : Padr/REL.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Harga getah karet pada tingkat pengepul di wilayah Kabupaten Empat Lawang, masih di bawah Rp10 ribu per kilogram, Selasa (14/2/2023).

Dari informasi yang didapat di kawasan Tebing Tinggi pada salah seorang pemasok atau tauke, karet per kilogramnya dibeli dengan harga mulai dari Rp5,5 ribu hingga Rp8 ribu per kilogram, tergantung kwalitasnya.

Tentunya kisaran harga per kilogram tersebut masih berada dibawah Rp10 ribu. Harga tersebut masih menyesuaikan dengan kwalitas dan kwantitas dari karet itu sendiri.

Adapun untuk getah karet dengan kulitas paling bawah atau terbilang sedang diharga Rp5,5 ribu per kilogramnya oleh pemasok.

BACA JUGA:Harga Karet Masih Rendah, Bagaimana Nasib Petani Getah ??

"Untuk karet yang bagus kita beli Rp6,8 ribu per kilonya, kalau yang kering atau paling bagus bisa sampai Rp8 ribu kita beli, tergantung barangnya," kata Lukman, salah seorang tauke di Tebing Tinggi.

Lukman juga mengatakan harga beli karet tersebut sudah bertahan sekitar lebih dari dua pekan. Dalam kurung waktu tersebut belum ada perubahan harga dari pabrik. 

"Sudah dua minggu lebih harga belum bergerak, naik tidak turun juga tidak masih sama," jelasnya.

Tidak berbeda halnya dengan di kawasan Kecamatan Pendopo, harga karet juga terpantau masih dibawah angka Rp10 ribu per kilogramnya.

BACA JUGA:Tidak Sebanding, Sekilo Karet Tidak Dapat Beli Sekilo Beras

BACA JUGA:PT Kendi Arindo Akan Buka Perkebunan Karet

Hasan, salah seorang tauke karet di kecamatan itu menyampaikan, belum ada perubahan harga yang signifikan selama satu bulan belakangan ini. 

"Sudah sebulan ini harga karet kalau untuk yang nomor dua itu kita beli dengan harga Rp6 ribu hingga Rp6,5 ribu per kilonya. Sedang untuk kualitas bagus atau nomor satu Rp7 ribu sampai Rp7,5 per kilonya," terangnya. (pad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: