Harga Karet Masih Rendah, Bagaimana Nasib Petani Getah ??

Harga Karet Masih Rendah, Bagaimana Nasib Petani Getah ??

FOTO : RATI/REL PARAH : Kegiatan timbang karet di pengepul--

EMPATLAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Diketahui bahwa harga getah karet masih sangat rendah, banyak pengepul tutup usaha akibat tidak sesuai harga.

Harga getah karet masih di angkat 6000-6500 perkilo, dan untuk musim penghujan hasil getah sangat minim.

Diungkap oleh Mansyah toke karet 3a, getah (Parah) bersih seharga 6500 perkilo, namun untuk harga itu dianggap tidak sesuai dengan kesulitan yang terjadi akibat hujan.

BACA JUGA:Tidak Sebanding, Sekilo Karet Tidak Dapat Beli Sekilo Beras

" Kalau hujan banyak petani getah tidak bisa nyadap, jadi dikit sekali yang bisa dikumpulkan, banyak pengepul seperti saya tutup, karena tidak sebanding dengan penghasilan," kata mansyah, Selasa (24/01/2023).

Harga tidak ada kenaikan, Masih standar masih harga lama, jadi kita bertahan dengan seadanya saja, jika ada yang jual getah diterima, kalau tidak ada dikumpulkan sampai getah banyak baru bongkar.

mansyah juga menyebutkan bahwa penjualan getah harus di kirim ke Jambi, karena sudah banyak toke getah dikabupaten Empat Lawang yang tutup.

BACA JUGA:Harga Karet Makin Turun

"Kalau untuk saat ini kita jual getah (parah) ke Jambi, soalnya toke toke besar tempat biasa kita jual parah sudah banyak yang tutup," jelasnya. (Mus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: