Pendaki Harus Faham, Puncak Dempo Sering Terjadi Badai

Pendaki Harus Faham, Puncak Dempo Sering Terjadi Badai

Ketua Pos Pamantau GAD Kota Pagaralam, Megian Nugraha melihat alat seismograf di Pos Pemantau GAD Kelurahan Gunung Dempo. Foto : Istimewa.--

PAGARALAM, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Di tengah kondisi cuaca kurang bersahabat, dengan itensitas curah hujan yang tinggi, terjadi satu pekan di Kota Pagaralam.

Petugas Pos Pemantau Gunung Api Dempo Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kota Pagaralam mengimbau, kepada pecinta alam dan masyarakat, yang ingin muncak ke Gunung Api Dempo kiranya dapat terus meningkatkan kehati-hatian.

Kalau dilihat, berdasarkan pemantauan visualisasi langsung di kawasan Merapi dan puncak Gunung Dempo, saat ini kondisi GAD tengah mengalami cuaca yang cukup ekstrem disertai angin kencang dan hujan yang terus menerus.

BACA JUGA:Patroli Samapta Polres Pagaralam Satroni Titik Lokasi Ini

"Sebab itu, kita imbau kepada pendaki agar lebih berhati-hati,” ujar Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Dempo, Megian Nugraha, Rabu (18/1/2023).

Dari pantauan dikatakan Megian, yang dilakukan secara visual di puncak Dempo, seringkali terjadi badai.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada pendaki, untuk tidak mendekat ke kawah, dengan radius 1 km dari pusat kawah.

Selain melakukan pemantauan secara visual di kawasan puncak dan kawah Merapi, lanjut Megian, pihaknya juga melakukan pemeliharaan, dengan pemeriksaan langsung alat pemancar seismograf, sembari mengganti bateri aki yang sudah lemah.

BACA JUGA:Warga Pagaralam Diingatkan Waspada Cuaca Ekstrem "Sekali lagi, kita imbau kepada para pendaki, untuk senantiasa waspada dan tetap mencari informasi terkini, seputar Gunung Api Dempo,” pungkasnya. (Rer)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: