Tidak Harus Bepengetahuan luas, Ini Kiat-Kiat Menjadi Penulis Pemula Dijamin Sukses

Tidak Harus Bepengetahuan luas, Ini Kiat-Kiat Menjadi Penulis Pemula Dijamin Sukses

Hengki Kumayandi (Novelis dan Script Writer)--

3. Mau Belajar

Ada banyak hal yang harus dipelajari untuk menjadi seorang penulis. Hal yang biasanya dianggap sepele ternyata penting untuk dipelajari jika ingin menjadi seorang penulis contohnya seperti penggunaan tanda baca kapan harus menggunakan tanda seru, titik, koma, huruf besar dan hurus kecil. Selain itu belajarlah untuk merangkai sebuah kalimat, jika menulis karya fiksi maka kalian harus dapat merangkai sebuah kalimat yang dapat membuat pembaca berimajinasi.

BACA JUGA : 5 Aplikasi Buat Kalian yang Suka Membaca, Diantaranya Bisa Menghasilkan Cuan Cukup Dengan Membaca

4. Selalu Catat Idemu

Kemanapun kalian pergi bawalah sebuah buku catatan dan alat tulis, jika terlintas sebuah ide langsung catat di buku tersebut agar kalian tidak mudah lupa. Jangan menunggu nanti karena ide tersebut mudah muncul dan mudah juga menghilang. Ide dapat muncul dimana pun, bisa jadi saat kalian sedang berjalan – jalan di sebuah taman dan mendengarkan percakapan lucu yang dapat kalian tuangkan ke dalam tulisan kalian atau juga detail visual yang kalian lewati dapat menjadi inspirasi pada tulisan kalian.

5. Menjauh Dari Gangguan

Menulis perlu keadaan yang tenang, nyaman serta bebas dari gangguan. Menulis akan berjalan dengan lancar jika tidak ada yang menganggu konsentrasi kalian. Gangguan seperti bunyi atau suara bising dapat mengganggu konsentrasi kalian saat sedang menulis. Matikan handpone kalian, TV, atau apapun yang mengeluarkan suara – suara. Kunci pintu kamar kalian sehingga tidak ada yang menginterupsi kalian saat sedang membuat karya tulisan.

BACA JUGA : Bangun Habits Membaca dari Sekarang 

6. Perbanyak Koneksi

Saat ini komunitas penulis sudah banyak yang menjamur. Gunakan media sosial untuk mencari dan memperbanyak koneksi dengan komunitas penulis. Bergabunglah dengan komunitas penulis, di sana kalian dapat berkesempatan untuk sharing dengan sesama penulis. Selain itu komunitas penulis biasanya sering mengadakan pelatihan menulis sehingga dapat menambah ilmu tentang kepenulisan. Bergabung dengan komunitas penulis juga dapat membangun dan meningkatkan motivasi kalian untuk menjadi seorang penulis.

7. Coba Kirimkan Tulisanmu

BACA JUGA : Joncik Ajak Galakan Gemar Membaca

Setelah memiliki beberapa koleksi tulisan yang menurut kalian cukup menarik, jangan ragu dan segan untuk mencoba mengirimkan tulisan kalian ke media maupun ke penerbit mayor. Namun ada baiknya sebelum kita mengirimkan tulisan tersebut mintalah teman kalian untuk membaca dan merevisi tulisan kalian sehingga makin membuat kalian yakin untuk mengirim tulisan tersebut.

8. Jangan Putus Asa

Jika karya kalian belum berhasil untuk diterbitkan janganlah berputus asa. Kalian dapat mengupload tulisan kalian kedalam sebuah blog pribadi sehingga tetap dapat dinikmati oleh netizen. Cobalah terus menerus menghasilkan karya-karya tulisan lainnya dan selalu memperbaiki hasil tulisanmu hari demi hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: