Joncik Ajak Galakkan Gemar Membaca

Joncik Ajak Galakkan Gemar Membaca

TINJAU : Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang didampingi Ketua Listerasi Empat Lawang saat mengunjungi stand Dinas Perpustakaan Empat Lawang, Selasa (20/9). Foto : Ismail/REL--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM – Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad mengajak semua anak dan siswa di untuk gemar membaca terutama para pelajar yang saat ini harus di galakkan kembali.

“Saat ini Dinas Perpustakaan Kabupaten Empat Lawang sudah ada buku bacaan keliling lengkap mobil bahkan buku di Perpustakaan bisa dipinjam,” ujar Joncik disela mengecek Buku di Stand Roadshow Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di Pendopoan Rumah Dinas Bupati Empat Lawang, Selasa (20/9).

Masih disampaikan Joncik, di era zaman digital sekarang tentu saja buku tetap harus menjadi leterasi terutama para pelajar harus sering baca buku karena sumber pengetahuan ada dalam buku.

“apa lagi saat ini bagi kalangan pelajar di luar Kecamatan Tebing Tinggi tidak perlu repot lagi harus ke Tebing Tinggi melainkan sudah ada Buku Digital yang disiapkan Dinas Perpustakaan,” ungkapnya.

Senada dikatakan Duta Leterasi Kabupaten Empat Lawang Hj Heppy Safrani Joncik, manfaatkanlah buku digital yang telah disediakan oleh Dinas Perpustakaan.

“Artinya tidak perlu datang ketebing lagi cukup lewat Handphone download aplikasinya dan disana sudah tersedia buku digital referensi dari Dinas Perpustakaan Empat Lawang,” katanya.

Masih dilanjutkan Hj Hepy, Download aplikasinya di Playstore, tinggal cari nama aplikasinya i-pusda Empat Lawang semuanya akan muncul buku-buku bacaan termasuk juga buku pelajaran.

“Terobosan dari Dinas Perpustakaan ini tentu sangat baik dan bisa menjangkau semua kalangan dengan adanya Aplikasi i-pusda,” ujarnya.

Ditempat sama, Kepala Dinas Perpusatakaan dan Arsip Daerah Drs Choiri Badri melalui Kabid Perpustakaan Supriyadi kepada wartawan mengatakan, aplikasi i-pusda Empat Lawang ini sebenarnya sudah satu tahun ini berjalan hanya saja saat ini pihaknya terus mensosialisasikan kepada semua kalangan.

“Di dalam aplikasi i-pusda tersebut saat ini tersedia 246 judulu buku termasuk buku pelajaran SD-SMA, tinggal cari buku mata pelajaran apa saja dalam aplikasi tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Supriyadi, untuk pengguna yang ingin meminjam buku tidak perlu datang ke Kantor Perpustakaan Empat Lawang, cukup lewat aplikasi i-pusda.

“Ketika Sudah mendownload aplikasi, pengguna tinggal mendaftar untuk Login, jika sudah login tinggal cari judul buku atau buku apa yang ingin dibaca, bahkan dalam aplikasi tersedia menu meminjam dan apabila sudah membaca tidak perlu konfirmasi tinggal dalam tempo tujuh (7) hari buku dengan sendiri kembali lagi,” jelasnya. (ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: