6 Peninggalan Bersejarah di Kabupaten Empat Lawang

6 Peninggalan Bersejarah di Kabupaten Empat Lawang

Batu Berukir di Desa Jarakan, Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang.--

Jarak yang harus di tempuha untuk sampai ke lokasi adalah  empat jam dengan berjalan kaki dari Desa Talang Padang ke lokasi situms tersebut, dengan menjelajah hutan belantara dan perbukitan.

Patung batu itu ada yang berbentuk seorang wanita, anak-anak, dan laki-laki dengan posisi berdiri tegak. Diperkirakan batu megalit itu sudah berumur ribuan tahun, dengan tinggi antara 1 hingga 1,7 meter dan kondisinya masih utuh dan sayangnya sampai saat ini belum ada dokumentasi lengkap tentang ketujuh arca ini.aa

4). Dolmen

Dolmen atau meja batu merupakan tempat meletakkan sesaji yang dipersembahkan kepada roh nenek moyang. Di bawah dolmen itu biasanya sering ditemukan kuburan batu.

Di Kabupaten Empat Lawang, penemuan megalit jenis dolmen ini sudah lama ditemukan oleh warga di Kecamatan Pendopo dan kecamatan Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang. Dolmen yang ada di Kecamatan Pendopo berada di Dusun Gunung Meraksa. Lokasinya di belakang MTs Al Khoir di tempat perkebunan warga.

5). Situs Lingge

Di Desa Lingge Kecamatan Pendopo Barat, terdapat batu menyerupai sebuah bongkahan dengan tinggi 50 cm dan diameter 35 cm. 

Pada bagian atas dan sisi-sisi samping terdapat jejak pangkasan yang menunjukkan adanya kesengajaan oleh manusia pada masa lalu mendapatkan suatu bentuk. 

Secara keseluruhan bentuk batu itu memiliki ciri pangkasan yang sangat kasar dan tak beraturan, tetapi mengarah pada bentuk batu tegak atau batu menhir.

6). Batu Megalit Desa Jarakan

Sebuah batu besar berukir, ditemukan di Desa Jarakan Kecamatan Pendopo. Batu ini merupakan bagian dari Megalit Pasemah.

Bentuk ukiran topeng itu, diyakini berkaitan erat dengan kepercayaan Nenek Moyang zaman dahulu, yang menganggap seni dianggap sebagai ungkapan religi mereka tehadap kekuatan roh nenek moyang dan kekuatan alam sekitar. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: