Mengungkap Rahasia dan Sejarah Gunung Padang, Temuan Arkeolog Terowongan Ruang dan Pilar yang Menarik

Rabu 27-09-2023,03:50 WIB
Reporter : Adi Candra
Editor : Adi Candra

Tumpukan monolit yang ditemukan pada teras keempat oleh NJ Krom awalnya dianggap sebagai kuburan, tetapi ternyata itu adalah penanda teras yang dianggap paling suci.

Gunung Padang terdiri dari lima teras dengan ukuran yang berbeda, dan teras pertama adalah yang terluas. Sebelum mencapai teras-teras tersebut, terdapat sumur Kahuripan, satu-satunya sumber air di kawasan Gunung Padang.

BACA JUGA:Situs Gunung Padang, Berusia 5000 Tahun SM, dibangun Zaman Nabi Ibrahim, Tambah Unik dan Menarik

Dalam kepercayaan masyarakat setempat, airnya tidak pernah surut, bahkan selama musim kemarau, dan digunakan untuk penyucian sebelum upacara keagamaan di Gunung Padang.

Rahasia yang tersembunyi di dalam Gunung Padang ternyata sama rumitnya dengan yang ada di bawah piramida Giza dekat Kairo.

BACA JUGA:Situs Gunung Padang, Berusia 5000 Tahun SM, dibangun Zaman Nabi Ibrahim, Tambah Unik dan Menarik

Dengan bantuan teknologi arkeologi modern seperti pemindai dan sinar X tanah, para ilmuwan menemukan banyak terowongan ruang dan pilar yang berada hanya 3 meter di bawah permukaan gunung. 

Tim peneliti telah menemukan struktur dinding bangunan di bawah permukaan teras 5 yang terbuat dari batuan andesit dan direkatkan dengan menggunakan sejenis perekat khusus atau semen purba.

BACA JUGA:Situs Gunung Padang, Berusia 5000 Tahun SM, Dibangun Zaman Nabi Ibrahim, Tambah Unik dan Menarik

Hal ini menjadi bukti keberadaan ruangan di bawah Gunung Padang.

Dengan temuan-temuan ini, misteri Gunung Padang semakin dalam dan menggugah rasa ingin tahu para peneliti arkeologi.

BACA JUGA:Daftar 11 Harta Karun Kerajaan Sriwijaya yang Terungkap dari Dasar Sungai Musi

Tim ahli telah memperoleh pemahaman yang lebih jelas tentang situs ini, namun, sejarah sebenarnya yang terkandung di dalamnya mungkin masih menanti untuk diungkap.(*).

Kategori :