Menyusuri Keindahan dan Kisah Mistis Goa Mampu, Bone

Menyusuri Keindahan dan Kisah Mistis Goa Mampu, Bone

Istimewa/internet--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Goa Mampu yang terletak di Desa Cabbeng, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, tidak hanya memukau dengan keindahan alamnya, tetapi juga menyimpan kisah mistis yang membuat bulu kuduk merinding.

Menurut cerita rakyat setempat, Goa Mampu adalah bekas kerajaan yang penduduknya dikutuk menjadi batu, terkait kisah seorang putri yang ingkar janji kepada seekor anjing.

Bentuk stalaktit dan stalagmit di dalam goa ini sering dikaitkan dengan para korban kutukan, yang menambah aura mistis tempat ini.

Daya Tarik Goa Mampu

Selain kisah mistisnya, Goa Mampu juga terkenal sebagai salah satu goa terbesar di Sulawesi Selatan.

BACA JUGA:Mitos Bidadari di Air Terjun Madakaripura: Antara Realita dan Legenda

BACA JUGA:Ternyata Ada Perbedaan Burung Dara dan Merpati, Simak Berikut Fakta dan Mitos yang Perlu Diketahui

Deretan stalaktit dan stalagmit dengan bentuk unik dapat ditemukan di dalam goa, beberapa di antaranya bahkan menyerupai hewan atau objek lainnya.

Lokasinya yang berada di tengah hutan dan bukit menambah kesan petualangan bagi para pengunjung yang harus mendaki untuk mencapai mulut goa.

Pendakian ini singkat namun memberikan pengalaman tersendiri karena pemandangan alam yang indah di sepanjang perjalanan.

Akses Menuju Goa Mampu

Untuk mencapai Goa Mampu, perjalanan dimulai dari Kota Makassar menuju Kabupaten Bone dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam menggunakan mobil atau bus.

Dari pusat Kota Watampone, perjalanan dilanjutkan sekitar 20 kilometer ke Desa Cabbeng. Jalan menuju Goa Mampu cukup baik dan bisa diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

BACA JUGA:Mitos dan Misteri Gunung Penanggungan, Jelmaan Mahameru di Jawa Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: