Mitos Bidadari di Air Terjun Madakaripura: Antara Realita dan Legenda

Mitos Bidadari di Air Terjun Madakaripura: Antara Realita dan Legenda

Istimewa/internet--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Air Terjun Madakaripura, yang terletak di kaki Gunung Bromo, bukan hanya dikenal karena keindahan alamnya yang mempesona.

Di balik gemuruh air yang jatuh deras dari ketinggian tebing, terdapat sebuah kisah mistis yang berkembang di masyarakat setempat, yaitu mitos bidadari yang sering dikaitkan dengan air terjun ini.

Mitos ini, meskipun terdengar seperti legenda belaka, tetap hidup dalam cerita masyarakat sekitar, menambah pesona mistis dan daya tarik tempat ini.

Menurut cerita yang berkembang, Air Terjun Madakaripura dipercaya sebagai tempat persinggahan para bidadari dari kahyangan.

BACA JUGA:Ternyata Ada Perbedaan Burung Dara dan Merpati, Simak Berikut Fakta dan Mitos yang Perlu Diketahui

BACA JUGA:Mitos dan Misteri Gunung Penanggungan, Jelmaan Mahameru di Jawa Timur

Konon, pada malam-malam tertentu, bidadari-bidadari ini turun ke bumi untuk mandi dan membersihkan diri di kolam alami yang terbentuk di dasar air terjun.

Sosok bidadari ini digambarkan sebagai makhluk cantik jelita, dengan pakaian yang berkilau seperti cahaya bulan, yang membuat para pengunjung merasa seolah-olah berada di dunia lain ketika menyaksikan keindahan air terjun tersebut.

Namun, seperti halnya banyak mitos lainnya, kehadiran bidadari ini tak pernah terbukti secara ilmiah.

Beberapa orang percaya bahwa cerita ini hanyalah dongeng turun-temurun untuk menjelaskan keindahan luar biasa yang dimiliki oleh Air Terjun Madakaripura.

Meski demikian, ada juga yang mengaku pernah melihat sosok misterius di sekitar air terjun, meski tidak dapat dipastikan apakah itu bidadari atau hanya khayalan semata.

BACA JUGA:Mitos dan Legenda Sungai Serayu Membentang Di Jawa Tengah

BACA JUGA:Menelisik Sungai Serayu: Keindahan Alam Jawa Tengah yang Sarat Mitos

Bagi para pendaki dan pengunjung yang datang, cerita bidadari ini menjadi bumbu tambahan yang memperkaya pengalaman mereka saat menjelajahi kawasan Madakaripura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: