Mengenang Hari Kesaktian Pancasila Sejarah Bangsa Indonesia

Mengenang Hari Kesaktian Pancasila Sejarah Bangsa Indonesia

Istimewa/internet--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Setiap 1 Oktober, Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila, sebuah momen penting dalam sejarah bangsa untuk mengenang perjuangan dalam mempertahankan ideologi negara, Pancasila.

Peringatan ini juga menjadi bentuk penghormatan kepada para Pahlawan Revolusi yang telah gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI).

Pada tragedi kelam tersebut, 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD menjadi korban pemberontakan yang berusaha menggulingkan ideologi Pancasila.

Peringatan ini tidak hanya sebagai penghargaan terhadap jasa pahlawan, tetapi juga sebagai pengingat pentingnya menjaga nilai-nilai yang telah diwariskan oleh para pendiri bangsa.

BACA JUGA:Mengapa G30S PKI Bisa Terjadi: Latar Belakang Peristiwa Kelam dalam Sejarah Indonesia

BACA JUGA:Sejarah Kelam 1965, Lima Jejak Kuburan Massal Diduga Anggota PKI di Jawa Tengah

Dengan memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kita diharapkan dapat terus menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan, serta menjadikannya cermin dalam kehidupan sehari-hari.

Pesan yang selalu digaungkan, "Teruskan cita-cita para pendiri bangsa, jangan biarkan Pancasila cuma menjadi legenda semata," harus kita renungkan dan praktikkan dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: