PERINGATAN! Smartphone Anda Bisa Mendengar? Begini Cara Menonaktifkannya!

PERINGATAN! Smartphone Anda Bisa Mendengar? Begini Cara Menonaktifkannya!

PERINGATAN! Smartphone Anda Bisa Mendengar? Begini Cara Menonaktifkannya!-ist-

Perwakilan Amazon mengatakan kepada Newsweek, "Amazon Ads tidak pernah bekerja sama dengan CMG dalam program ini dan tidak ada rencana untuk melakukannya."

Google juga telah mengambil tindakan dengan mengeluarkan CMG dari Program Mitra Google sebagai bagian dari proses tinjauan. 

BACA JUGA:Samsung Galaxy S24 FE Bocor Sebelum Rilis, Lebih Besar dan Canggih dari Pendahulunya

BACA JUGA:Penampakan Samsung Galaxy S24 FE dan Galaxy Tab S10 Bocor Sebelum Peluncuran Resmi

"Semua pengiklan harus mematuhi hukum dan kebijakan iklan Google, dan jika ditemukan pelanggaran, kami akan mengambil tindakan yang sesuai," kata juru bicara Google.

Meta, induk perusahaan Facebook, juga menyatakan bahwa mereka tidak menggunakan mikrofon pengguna untuk iklan.

Juru bicara Meta menambahkan bahwa perusahaan sedang menyelidiki apakah CMG melanggar syarat dan ketentuan mereka dan akan mengambil tindakan jika diperlukan.

Sumber data pihak ketiga yang disebutkan oleh CMG biasanya berasal dari aplikasi smartphone yang mendapatkan izin pengguna melalui persetujuan syarat dan ketentuan (T&C).

BACA JUGA:Google Tingkatkan Perlindungan Android, Pengguna Harus Waspada Terhadap Trojan Berbahaya

BACA JUGA:Google dan Volkswagen Berkolaborasi Luncurkan Asisten AI yang Bisa Ganti Ban Mobil

Namun, penelitian menunjukkan bahwa 91% orang setuju dengan T&C tanpa membacanya, dan angka ini melonjak menjadi 97% untuk pengguna berusia 18-24 tahun.

Luis Corrons, peneliti dan pakar keamanan dari Norton, menyarankan agar pengguna smartphone secara rutin memeriksa izin aplikasi untuk menghindari penggunaan mikrofon yang tidak diperlukan. 

"Untuk aplikasi dapat mendengarkan secara aktif, diperlukan izin akses mikrofon. Pada perangkat Android dan iOS, izin ini diminta secara eksplisit saat aplikasi diinstal atau diperbarui," jelasnya.

Pengguna juga disarankan untuk selalu waspada terhadap aplikasi yang meminta akses di latar belakang, yang memungkinkan aplikasi tersebut mendengarkan bahkan saat tidak digunakan. 

BACA JUGA:Samsung Galaxy S26 Masih Gunakan Kamera 50MP, Tanpa Peningkatan Signifikan Sejak Galaxy S22

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: