Strategi Manajemen Waktu agar Mahasiswa Tingkat Akhir Lulus Tepat Waktu

Strategi Manajemen Waktu agar Mahasiswa Tingkat Akhir Lulus Tepat Waktu

Mahasiswa--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Mahasiswa tingkat akhir memiliki kewajiban untuk menyelesaikan skripsi sebagai salah satu syarat kelulusan.

Masa-masa menyusun skripsi ini kerap membuat mahasiswa terbuai hingga akhirnya lulus tidak tepat waktu. Nah, supaya menyelesaikan kuliah tepat waktu, kamu mesti memiliki manajemen waktu yang baik. Ini agar kamu tetap produktif dan terorganisasi.

Berikut ini empat tips manajemen waktu bagi mahasiswa tingkat akhir agar bisa lulus tepat waktu:

1. Tentukan Skala Prioritas

Prioritas utama kamu adalah menyelesaikan tugas akhir. Biasanya, kamu akan ke kampus ketika bimbingan tugas akhir saja. Nah, sisa waktu yang masih ada bisa kamu manfaatkan dengan mengikuti kegiatan di luar kampus.

Kamu bisa mengikuti magang, berkontribusi dalam suatu organisasi eksternal kampus, ataupun menjadi sukarelawan (volunteer) di acara kemanusiaan saat akhir pekan. Dengan menentukan skala prioritas, kamu bisa lebih fokus pada hal-hal yang memang penting dan mendesak.

BACA JUGA:Pendaftaran Seleksi Mandiri UNS 2024: Jalur Sarjana dan Diploma Masih Dibuka!

2. Buatlah Catatan Aktivitas

Tulislah urutan aktivitas yang akan kamu lakukan dalam satu hari. Tujuannya adalah untuk mempermudah kamu dalam menjalankan aktivitas.

Setelah menulis, kamu bisa menandai dan menuliskan evaluasi singkat mengenai aktivitas yang sudah dilakukan.

Catatan ini akan membantu kamu untuk melihat apa saja yang sudah dan belum dikerjakan, serta mengevaluasi bagaimana kamu bisa meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam mengerjakan tugas-tugas harianmu.

BACA JUGA:Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru Unnes untuk Gelombang Kedua

3. Perhatikan Tenggat

Kamu juga perlu memperhatikan deadline atau tenggat waktu yang ditentukan. Deadline penting untuk diperhatikan karena kamu bisa melihat dan memilih tugas yang bisa diselesaikan terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: