Suara Anjing Bisa Diterjemahkan Menggunakan AI, Kok Bisa?

Suara Anjing Bisa Diterjemahkan Menggunakan AI, Kok Bisa?

Ilustrasi penerjemahan suara anjing menggunakan AI. (Disway National Network).--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Para peneliti menggunakan model AI yang dilatih dengan ucapan manusia untuk memecahkan kode bahasa rahasia anjing.

Studi ini berasal dari para peneliti di University of Michigan, Institut Astrofisika Nasional Meksiko, dan Institut Optik dan Elektronik.

Hasilnya telah dipresentasikan di sebuah konferensi internasional, menunjukkan bagaimana model AI saat ini dapat menjadi kunci untuk memahami bahasa hewan, setidaknya sampai tingkat tertentu.

BACA JUGA:Link Live Streaming dan Jadwal Spanyol vs Inggris di Final Euro 2024

BACA JUGA:Final Copa America 2024 Argentina vs Kolombia, Perpisahan Indah Lionel Messi atau Panggung James Rodriguez?

"Masih banyak yang belum kita ketahui tentang hewan-hewan yang berbagi dunia ini dengan kita," kata Rada Mihalcea, Direktur Laboratorium AI Universitas Michigan yang dikutip dari detikINET, Minggu (13/7/2024).

"Kemajuan AI dapat digunakan untuk merevolusi pemahaman kita tentang komunikasi hewan, dan temuan kami menunjukkan bahwa kita mungkin tidak perlu memulai dari awal," lanjutnya.

Penelitian ini menggunakan model ucapan AI yang canggih, Wav2Vec2, untuk mengidentifikasi emosi, jenis kelamin, dan ras anjing di balik gonggongan tertentu.

BACA JUGA:Final Euro 2024 Spanyol vs Inggris, La Furia Roja Mendominasi atau The Three Lions yang Bawa Pulang Piala?

BACA JUGA:Suzuki Siap Panaskan GIIAS 2024 dengan Teaser SUV Listrik Pertama

Para peneliti menggunakan dua set data yang berbeda untuk pelatihan dan membandingkan hasilnya.

Pertama, model dilatih dari awal hanya dengan gonggongan anjing, dan satu lagi dilatih dengan ucapan manusia dan kemudian disesuaikan dengan gonggongan anjing.

Model yang telah dilatih sebelumnya dengan hampir 1.000 jam rekaman suara manusia bekerja lebih baik.

Para peneliti kemudian menyempurnakan model tersebut pada kumpulan data yang terdiri dari vokalisasi (gonggongan) dari 74 anjing yang terdiri dari 42 Chihuahua, 21 Pudel Prancis, dan 11 Schnauzer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: