Ribuan Masyarakat Bengkulu Meriahkan Tahun Baru Islam 1446 H dengan Festival Tabot Bengkulu 2024

Ribuan Masyarakat Bengkulu Meriahkan Tahun Baru Islam 1446 H dengan Festival Tabot Bengkulu 2024

Festival Tabot Bengkulu 2024--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Ribuan masyarakat Bengkulu menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1446 Hijriah dengan penuh suka cita melalui pembukaan Festival Tabot Bengkulu 2024.

Festival ini adalah salah satu tradisi yang menjadi identitas unik Bengkulu dan diadakan setiap tahun dengan antusiasme tinggi dari masyarakat setempat.

Pembukaan oleh Gubernur Bengkulu

Festival Tabot resmi dibuka oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, dengan pukulan dhol pada Sabtu malam (6/7/2024).

Acara pembukaan berlangsung megah di Lapangan Merdeka, Kota Bengkulu, yang dipenuhi oleh masyarakat yang ingin menyaksikan momen bersejarah ini.

BACA JUGA:Barong: Simbol Kebajikan dan Perlindungan dalam Kebudayaan Bali

Dalam pidatonya, Gubernur Rohidin mengungkapkan rasa bangganya terhadap Festival Tabot yang menjadi wadah pelestarian budaya dan tradisi daerah.

Festival Tabot Bengkulu 2024 berlangsung selama sepuluh hari hingga 16 Juli 2024, hasil kerja sama antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu, Komite Kebudayaan Tradisional (KKT), serta pihak terkait lainnya. Kerja sama ini bertujuan untuk memastikan bahwa festival berjalan lancar dan dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat.

 Pameran, Kesenian, dan Kuliner Khas Bengkulu

Selama acara berlangsung, pengunjung tidak hanya disuguhi dengan berbagai pertunjukan budaya dan seni, tetapi juga dapat menikmati pameran serta kuliner khas Bengkulu yang tersedia di Lapangan Merdeka.

Beragam stand pameran menampilkan hasil kerajinan tangan, produk lokal, serta informasi mengenai sejarah dan budaya Tabot. Sementara itu, berbagai kuliner khas Bengkulu menggoda lidah para pengunjung dengan cita rasa yang autentik.

BACA JUGA:Lukisan Gua Prasejarah Tertua di Dunia Berasal dari Indonesia, Bukti Majunya Kebudayaan Nenek Moyang

 Antusiasme Masyarakat

Antusiasme masyarakat terhadap Festival Tabot Bengkulu 2024 sangat tinggi. Ribuan orang dari berbagai kalangan dan usia datang untuk merayakan dan menikmati berbagai rangkaian acara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: