Pesona Jalan Hos Cokroaminoto: Jalan Terpendek di Indonesia yang Menjadi Destinasi Wisata Kreatif di Gresik

Pesona Jalan Hos Cokroaminoto: Jalan Terpendek di Indonesia yang Menjadi Destinasi Wisata Kreatif di Gresik

Istimewa/internet--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Jalan Hos Cokroaminoto di Gresik mendadak ramai dikunjungi masyarakat, terutama pada akhir pekan.

Jalan yang dikenal sebagai jalan terpendek di Indonesia ini memiliki panjang hanya 50 meter.

Di kanan dan kirinya berdiri kokoh gedung-gedung peninggalan pemerintah kolonial Hindia Belanda, menambah nilai sejarah dari kawasan ini.

Tidak hanya panjangnya yang unik, Jalan Hos Cokroaminoto juga terletak tepat di belakang tugu Gardu Suling Bandar Grissee, menjadikan suasananya syahdu dan sangat instagramable.

Pengunjung biasanya mulai memadati kawasan ini sejak sore hingga malam hari untuk menikmati keindahan dan atmosfer yang ditawarkan.

BACA JUGA:Pantai Gerupuk: Surga Peselancar dan Keindahan Alam Lombok

Daya tarik Jalan Hos Cokroaminoto semakin bertambah dengan hadirnya lampu Damar Kurung yang menghiasi sepanjang jalan, menjadi ciri khas Kota Pudak.

Kehadiran lampu-lampu ini semakin menambah pesona jalan tersebut pada malam hari.

Selain menikmati keindahan Jalan Hos Cokroaminoto, pengunjung juga bisa menikmati berbagai kuliner khas Gresik melalui gelaran Cokro Ekraf (Ekonomi Kreatif).

Festival ini menyajikan aneka kuliner khas Gresik seperti Nasi Krawu, Pudak, bubur roomo, dan berbagai cemilan lainnya.

Tidak hanya itu, hasil tangkapan ikan para nelayan dan petani tambak asal Gresik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

BACA JUGA:Vihara Patung Seribu Wajah: Ksitigarbha Bodhisattva yang Menawan di Tanjung Pinang

Kuliner dari hasil laut seperti Telur Ikan Bandeng, Telur Cumi-cumi, Wedel, dan otak-otak bandeng diolah menjadi makanan siap saji dan dijual di Wisata Kuliner Cokro Ekraf.

Cara pembeliannya pun unik, di mana wisatawan harus menukar uang dengan kepingan kayu berlogo Pemkab Gresik seharga Rp 5 ribu untuk setiap keping.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: