Rodi Karnain Kumpulkan Pengawas Pemilu, Panwaslu Sampai Panwascam Hadir

Rodi Karnain Kumpulkan Pengawas Pemilu, Panwaslu Sampai Panwascam Hadir

Rodi Karnain Kumpulkan Pengawas Pemilu, Panwaslu Sampai Panwascam Hadir-doc rel-

Rodi Karnain Kumpulkan Pengawas Pemilu, Panwaslu Sampai Panwascam Hadir

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pengawas pemilu Se Kabupaten Empat Lawang berkumpul, mulai dari panwaslu tingkat Desa sampai panwascam Kecamatan tampak hadir.

Tak ketinggalan para staf dan koordinator sekretariat turut hadir di kantor Bawaslu simpang tiga jalan poros Tebing Tinggi, Selasa (2/7).

Nah, terkait hal ini Ketua Bawaslu Empt Lawang Rodi Karnain mengaku sengaja mengumpulkan para pengawas pemilu tak lain untuk peluncuran Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih Pemilu 2024 untuk memastikan hak pilih warga dalam Pemilu 2024 tetap terjaga.

BACA JUGA:Bawaslu dan PPATK Bersinergi Antisipasi Aliran Uang Haram dalam Pilkada 2024

Kegiatan ini diawali dengan apel pagi yang dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Ketua KPU, Sekretariat Panwaslu, staf PPNPN Bawaslu, serta Ketua dan anggota Panwascam dari seluruh kecamatan di kabupaten tersebut.

Patroli ini dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Empat Lawang, Rodi Karnain, sebagai tindak lanjut dari Instruksi Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 6235.1 Tahun 2024 tentang Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih, dan Surat Edaran Nomor 89 Tahun 2024 tentang Pencegahan Pelanggaran dan Pengawasan Penyusunan Daftar Pemilih.

Dalam sambutannya, Rodi Karnain menegaskan pentingnya pengawasan berkelanjutan untuk memastikan setiap warga yang berhak memilih tercatat dalam daftar pemilih yang valid. "Kami telah menginstruksikan staf Bawaslu dan PKD di setiap wilayah untuk terus melaksanakan kawal hak pilih serta mempersiapkan pengawasan penyusunan daftar pemilih secara matang," ujarnya.

BACA JUGA:Lantik 30 Panwascam, Ketua Bawaslu Empat Lawang Minta Jaga Integritas Awasi Pilkada

Kegiatan pengawasan ini akan fokus pada beberapa aspek penting, antara lain:

1. Kerawanan dalam Penyusunan Daftar Pemilih: Terutama terkait dengan proses pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih.

2. Investigasi Data Pemilih: Meninjau hasil pengawasan pemungutan dan perhitungan suara dari pemilu sebelumnya untuk memastikan keakuratan data.

3. Kesiapan Penyusunan Daftar Pemilih: Meliputi pengawasan langsung, pembukaan posko kawal hak pilih, patroli kawalan hak pilih, dan metode pengawasan lainnya.

BACA JUGA:Hari Minggu Bawaslu Empat Lawang Tetap bekerja menerima Pendaftar Panwascam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: