Fenomena Menakjubkan: Tempat-Tempat di Bumi yang Melawan Gravitasi

Fenomena Menakjubkan: Tempat-Tempat di Bumi yang Melawan Gravitasi

Ilustrasi--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID-

Hukum gravitasi menyebutkan jika benda di alam semesta akan saling tarik-menarik. Misalnya, setiap benda yang dilempar setinggi-tingginya pasti akan jatuh ke bawah.

Ini membuktikan kalau semua fenomena yang terjadi di bumi tidak lepas dari gaya gravitasi. Meski demikian, ternyata ada beberapa tempat di dunia ini di mana gaya gravitasi bumi tidak lagi berlaku.

Dimana sajakah itu? Nah, berikut ini adalah tempat-tempat tanpa gravitasi yang ada di bumi.

Hoover Dam, Nevada

Nevada, sebuah negara bagian di Amerika Serikat, menjadi salah satu titik yang kebal dengan gaya tarik bumi. Tempat itu adalah Bendungan Hoover yang terletak di antara Arizona dan Nevada.

BACA JUGA:Pendaftaran Beasiswa Akademi Metrologi dan Instrumen (Akmet) 2024 Resmi Dibuka

Jika kamu berkesempatan mengunjungi Hoover Dam, cobalah menuangkan air dari botol di atas bendungan.

Hasilnya, air tersebut tidak akan turun, tapi malah naik. Hal itu karena updraft, yaitu hentakan ke atas yang sangat kuat dari struktur bendungan, yang membuat benda yang jatuh seolah melawan gravitasi padahal sebenarnya dibawa oleh angin.

Mystery Spot, Santa Cruz

Ditemukan tahun 1939 oleh para penjelajah yang merasa tubuh mereka lebih ringan saat melewati kawasan ini, Mystery Spot di Santa Cruz, California, resmi dibuka untuk umum setahun kemudian.

Saking misteriusnya, di tempat tersebut orang bahkan bisa berjalan miring di tembok rumah kayu yang dibangun di sana. Anehya, jika bola digelindingkan, arahnya bukannya turun, malah naik.

BACA JUGA:Alun-Alun Kota Bogor: Destinasi Rekreasi Gratis di Tengah Kota

Pohon-pohon yang ada di sekitar area itu juga tumbuh secara miring. Banyak orang berpendapat bahwa tempat ini hanyalah ilusi optik, tapi beberapa lainnya menganggap kawasan ini punya aura magis.

Magnetic Hill, Ladakh

Bukit ini terletak di Jalan Raya Nasional Leh-Kargil-Baltik di India. Bukit ini dikatakan memiliki sifat magnetik karena dapat menarik mobil untuk menanjak.

Beberapa orang mengatakan bahwa pesawat yang melintas harus meningkatkan ketinggian mereka.

Namun, sebagian orang percaya bahwa ini hanyalah ilusi optik yang diciptakan oleh tata letak area dan bukit di sekitarnya yang membuat jalan yang menurun tampak seperti menanjak.

BACA JUGA:Agrowisata Organik Muliaharja: Destinasi Wisata Edukatif dan Seru di Bogor Selatan

Waterfall, Faroe Islands

Dapatkah Anda membayangkan air terjun yang justru menyemburkan airnya ke udara? Anda bisa menemukan air terjun ini di Kepulauan Faroe yang terletak di Samudera Atlantik antara Skotlandia dan Islandia.

Fenomena ini sebenarnya bisa dijelaskan dengan ilmu pasti: kekuatan angin yang sangat kuat menggerakkan air ke atas. Selintas, air terjun ini terlihat sangat unik seolah tanpa ada gravitasi di tempat ini.

Oregon Vortex

Ditemukan pertama kali pada tahun 1930, Oregon Vortex telah menjadi destinasi turis populer.

Berlokasi di Oregon, Amerika Serikat, tempat ini berupa sebuah kabin yang membuat siapapun merasakan bagaimana hukum gravitasi yang kita pelajari di sekolah tidak berlaku.

BACA JUGA:Menikmati Nuansa Bali di Villa Ubud Anyer, Menawarkan Sebuah Mengalaman Menginap

Kabin ini dinamakan "Forbidden Ground" oleh penduduk asli Amerika karena dianggap tempat yang dihindari. Namun, bagi banyak orang, tempat ini justru menjadi magnet.

Di dalam kabin, kita bisa merasakan sulit berjalan dan tinggi badan kita tampak berubah.

Selain itu, bola yang digelindingkan akan bergerak naik ke atas tanpa bantuan apapun.

Spook Hill, Florida

Di bukit yang berada di Lake Wales, Florida, kamu akan melihat mobil berjalan menanjak melawan gravitasi tanpa harus menyalakan mesinnya.

BACA JUGA:Villa Beach Turtle Anyer: Pilihan Tepat untuk Liburan Keluarga dan Acara Kantor

Spook Hill dikenal sebagai bukit anti-gravitasi atau bukit magnet.

Selama berada di sana, wisatawan mematikan mobil sampai garis batas, dan saat itu juga mobil akan berjalan kencang ke arah menanjak, seolah bukit ini memiliki magnet di puncaknya.

Golden Rock, Myanmar

Golden Rock di Myanmar juga dianggap sebagai salah satu tempat di dunia yang tidak memiliki gaya gravitasi.

Batu raksasa berwarna emas ini terlihat seperti akan jatuh dari tebing, namun sudah berada di tempat yang sama selama 2500 tahun.

Batu tersebut berada di ketinggian 49 kaki dengan sebuah pagoda di atasnya. Diketahui bahwa batu tersebut dilindungi oleh rambut Buddha yang berada di dalamnya.

BACA JUGA:Villa Q: Pilihan Ideal untuk Liburan Nyaman di Anyar

Demikian beberapa tempat di dunia yang tampaknya melawan hukum gravitasi. Meski beberapa fenomena dapat dijelaskan secara ilmiah, tetap saja tempat-tempat ini menawarkan pengalaman unik dan menarik untuk dieksplorasi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: