Waktu-Waktu Menyembelih Hewan Kurban Idul Adha dan Batas Pelaksanaannya: Penjelasan Ustaz Abdul Somad (UAS)

Waktu-Waktu Menyembelih Hewan Kurban Idul Adha dan Batas Pelaksanaannya: Penjelasan Ustaz Abdul Somad (UAS)

Istimewa/internet--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Idul Adha, juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, adalah salah satu hari raya penting bagi umat Islam.

Pada hari ini, umat Islam di seluruh dunia melakukan penyembelihan hewan kurban sebagai salah satu bentuk ibadah dan pendekatan diri kepada Allah SWT.

Dalam pelaksanaannya, terdapat aturan-aturan khusus mengenai waktu dan batas penyembelihan hewan kurban yang harus diperhatikan.

Menurut Ustaz Abdul Somad (UAS), salah satu ulama terkemuka di Indonesia, waktu penyembelihan hewan kurban dimulai setelah pelaksanaan salat Idul Adha.

Tepatnya, waktu penyembelihan dimulai pada tanggal 10 Dzulhijjah setelah khatib selesai menyampaikan khutbah salat Idul Adha.

Ini adalah waktu yang paling utama untuk menyembelih hewan kurban.

BACA JUGA:Epic Games Tawarkan Marvel's Midnight Suns Gratis, Simak Detailnya!

Adapun batas akhir waktu penyembelihan hewan kurban, UAS menjelaskan bahwa hal ini bisa dilakukan hingga berakhirnya hari-hari tasyrik. Hari tasyrik adalah tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Jadi, waktu penyembelihan hewan kurban berlangsung selama empat hari, mulai dari tanggal 10 Dzulhijjah hingga terbenamnya matahari pada tanggal 13 Dzulhijjah.

Mengetahui dan mematuhi waktu-waktu penyembelihan ini sangat penting bagi umat Islam.

Penyembelihan yang dilakukan di luar waktu yang ditentukan tidak dianggap sebagai ibadah kurban.

Oleh karena itu, umat Islam yang ingin berkurban harus benar-benar memahami dan mengatur waktu penyembelihan agar ibadahnya sah dan diterima oleh Allah SWT.

BACA JUGA:Berikut Manfaat Konsumsi Buah untuk Perkembangan Otak Anak

Dalam ceramah-ceramahnya, UAS sering menekankan pentingnya melaksanakan ibadah kurban sesuai dengan sunnah dan aturan yang telah ditetapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: