SpaceX Siap Bawa Koneksi Satelit ke Ponsel, Ilmuwan Peringatkan Bahaya Bagi Astronomi Radio

SpaceX Siap Bawa Koneksi Satelit ke Ponsel, Ilmuwan Peringatkan Bahaya Bagi Astronomi Radio

Ilustrasi.--

Namun, dalam melakukannya, komisi ini juga menyadari kekhawatiran tentang gangguan, termasuk astronomi radio.

Sebulan sebelumnya, National Science Foundation (NSF), sebuah lembaga federal independen, mengeluarkan sebuah dokumen yang mempelajari masalah ini. 

BACA JUGA:Penemuan Emas di Bengkulu pada 1820-an: Demam Emas dan Misteri Hilangnya Para Penambang

Analisis awal NSF menunjukkan dampak signifikan pada sistem astronomi radio, mengutip "tingkat daya dan visibilitas yang ada di mana-mana di langit" dari sistem satelit semacam itu.

Dokumen tersebut juga memperingatkan bahwa sinyal radio dari satelit "bahkan mungkin merusak perangkat keras astronomi radio" jika pemancar satelit langsung melewati di depan penerima astronomi radio.

NSF mengatakan bahwa meskipun kemungkinan keparahan kerusakan pada astronomi radio dapat diminimalkan dengan koordinasi yang hati-hati dan pemilihan bandwidth dan tingkat daya minimum yang diperlukan, astronomi radio akan terpengaruh secara negatif dalam skenario implementasi apa pun.

BACA JUGA:Legenda Batu Ruyung: Harta Karun Tersembunyi di Tanah Legendaris

SpaceX dan AST SpaceMobile tidak segera menanggapi permintaan komentar, meskipun kedua perusahaan mengatakan mereka telah bekerja dengan komunitas astronomi untuk mitigasi gangguan terhadap penelitian ilmiah.

Namun, pertanyaan kunci adalah apakah teknologi satelit seluler dapat berdampingan dengan astronomi radio atau jika salah satu harus mengorbankan yang lain.

Sementara itu, para ilmuwan yang melobi FCC mendesak agar mereka mewajibkan perusahaan seperti SpaceX dan AST SpaceMobile untuk membuktikan bahwa teknologi mereka tidak akan menyebabkan gangguan pada astronomi radio sebelum menerima persetujuan komersial.

BACA JUGA:5 Misteri Emas Bengkulu: Mengulik Sebuah Legenda dan Jejak Penemuannya

Ini termasuk menunjukkan "kemampuan mereka untuk beroperasi tanpa langsung menerangi, atau melumpuhkan, atau merusak penerima di observatorium astronomi radio," kata National Radio Astronomy Observatory dalam pengajuannya sendiri.

Ini bukan pertama kalinya para astronom menyuarakan kekhawatiran tentang konstelasi satelit besar.

Dalam beberapa tahun terakhir, mereka juga mengkritik satelit dari SpaceX dan AST SpaceMobile karena mengganggu pengamatan mereka atau memancarkan terlalu banyak cahaya di langit malam.

BACA JUGA:Berikut Kronologi Lengkap Kasus Wanita Bayar Orang Tikam Teman Sekantor karena Iri Hati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: