Kok Bisa Gunung Papandayan Menawan Terus Ya? Begini Ceritanya

Kok Bisa Gunung Papandayan Menawan Terus Ya? Begini Ceritanya

Kok Bisa Gunung Papandayan Menawan Terus Ya? Begini Ceritanya-DISWAY NETWORK-

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Gunung Papandayan, terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, adalah salah satu Gunung berapi yang paling menawan dan populer di Indonesia.

Dikenal dengan pemandangan alam yang memukau serta berbagai atraksi alam yang unik, Papandayan selalu menjadi daya tarik utama bagi pendaki dan pecinta alam.

Gunung Papandayan adalah gunung berapi aktif dengan ketinggian sekitar 2.665 meter di atas permukaan laut.

Letusan besar terakhir tercatat pada tahun 2002, yang meninggalkan jejak berupa kawah-kawah yang memancarkan gas belerang.

BACA JUGA:Syarat dan Ketentuan Penerimaan Taruna/i STIN Tahun 2024

Kawah Mas dan Kawah Baru adalah dua dari sekian banyak kawah yang bisa ditemukan di Papandayan, menawarkan pemandangan eksotis dengan asap belerang yang terus-menerus mengepul.

Selain kawah, ada juga hutan mati, sebuah area di mana pepohonan terbakar dan menghitam akibat letusan.

Meski terlihat suram, hutan mati ini justru menjadi salah satu daya tarik utama karena memberikan kesan artistik yang memikat dan menjadi spot foto favorit para pengunjung.

Papandayan memiliki beberapa rute pendakian yang cukup ramah untuk pendaki pemula. Pendakian biasanya dimulai dari Camp David, pos awal di mana para pendaki bisa beristirahat dan mempersiapkan diri.

BACA JUGA:10 Instansi Pemerintah Ini Siap Terima Lulusan SMA-SMK dalam Rekrutmen CPNS 2024

Dari sini, pendakian menuju puncak biasanya memakan waktu sekitar 4-6 jam tergantung pada kecepatan dan kondisi fisik pendaki.

Di sepanjang perjalanan, pendaki akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan, mulai dari hamparan bunga edelweis yang tumbuh subur di Tegal Alun, hingga padang rumput dan hutan pegunungan yang hijau.

Edelweis, yang sering disebut "bunga abadi," adalah simbol keindahan dan ketahanan alam Gunung Papandayan.

Setibanya di puncak, pendaki akan disambut oleh pemandangan luas yang spektakuler. Dari ketinggian ini, hamparan pegunungan dan lembah di sekitarnya terlihat jelas, memberikan rasa damai dan keindahan yang sulit dilupakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: