Presiden Jokowi Bertemu CEO Apple, Rp 1,6 Triliun Diinvestasikan di Indonesia

Presiden Jokowi Bertemu CEO Apple, Rp 1,6 Triliun Diinvestasikan di Indonesia

Apple.--

JAKARTA, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - CEO Apple, Tim Cook, melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada Rabu (17/4/2024). pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie, serta Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang.

Dalam konferensi pers terpisah, Menteri Budi Arie mengungkapkan hasil dari pertemuan tersebut yang berlangsung selama 1 jam.

Beberapa kesepakatan penting telah dicapai, terutama terkait kontribusi Indonesia dalam rantai pasok global industri teknologi, bukan hanya sebagai pasar konsumen.

BACA JUGA:Membuka Misteri Selamatnya Pria yang Hilang 7 Hari di Hutan Nias, Kisah Keajaiban dan Kepercayaan Mistis

BACA JUGA:Mengungkap Kisah Inspiratif I Putu Leo Pramana, PNS Penerima Hadiah Umroh atas Khatam Al-Qur'an

"Bagaimana Indonesia harus memberikan kontribusi dan bukan hanya sekedar pasar, tapi masuk dalam peran penting global supply chain industri teknologi," ujar Budi saat ditemui di kantor Kominfo, Rabu (17/4/2024).

"Kenapa? karena dari 360 komponen handphone, misalnya, cuma ada 2 yang dibuat di Indonesia jika dibandingkan Vietnam 72 komponen. Jadi presiden menyampaikan supaya meningkatkan peran dalam global supply chain, dan apple menyambut baik," jelasnya.

Menurut data dari Kementerian Perindustrian, Indonesia mengimpor produk Apple senilai US$ 2 miliar dalam satu tahun. Oleh karena itu, pemerintah berharap agar Indonesia juga dapat menjadi bagian dari rantai pasok global, bukan hanya sebagai pasar konsumen.

BACA JUGA:Pembukaan Pekan Olahraga di Lapas Di gelar, Meriahkan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60

BACA JUGA:Ingin Menemukan Ketenangan Kunjungi Pantai Sepanjang Yang Tak Jauh Dari Pantai Sundak

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang, menjelaskan bahwa hampir 50 juta unit handphone diproduksi di Indonesia pada tahun sebelumnya, sementara impor sekitar 2,8 juta unit, di antaranya 5% adalah produk Apple.

Oleh karena itu, pemerintah berharap Apple dapat memperluas kehadirannya di Indonesia.

Apple saat ini telah memiliki 3 Apple Development Academy di Surabaya, Batam, dan Tangerang, dan mereka berencana untuk menambah satu lagi di Bali.

BACA JUGA:Pantai Sundak: Menyimpan Keindahan Alam dan Daya Tarik Mistis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: