Tips Membuat Ketupat Anti Lembek dan Pulen untuk Lebaran 2024

Tips Membuat Ketupat Anti Lembek dan Pulen untuk Lebaran 2024

ilustrasi : ketupat--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID-Lebaran Idulfitri tahun ini, jangan lewatkan kesempatan untuk menyajikan ketupat dan lontong yang sempurna. Tidak perlu khawatir, dengan beberapa tips sederhana, Anda bisa menghadirkan hidangan yang anti lembek dan pulen. Berikut rahasia dan panduan praktis untuk menciptakan ketupat yang kenyal dan pulen.

Hari Raya Idul Fitri tanpa ketupat terasa kurang lengkap. Maka, mari kita mulai dengan rahasia membuat ketupat yang anti lembek dan tetap kenyal:

1. Pilih Beras yang Pulen:

Gunakanlah beras pulen untuk hasil terbaik. Pastikan mencuci beras dengan air bersih beberapa kali sebelum dimasukkan ke dalam kulit ketupat.

BACA JUGA:Tata Cara dan Bacaan Niat Salat Idul Fitri Berikut Artinya

2. Tentukan Isi Beras:

Tingkat kepadatan ketupat dapat disesuaikan dengan jumlah isi beras. Isi sekitar 70% volume ketupat untuk ketupat yang padat, dan 50-60% untuk yang sedikit lebih lembek.

3. Menggunakan Metode Memasak:

 Anda dapat memasak ketupat dengan cara direbus atau dipresto. Jika direbus, pastikan ketupat terendam air selama kurang lebih 4 jam. Jika menggunakan presto, waktu yang dibutuhkan akan lebih singkat, sekitar 2 jam.

BACA JUGA:Gerakan Pangan Murah (GPM) Dukung Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan menjelang Idul Fitri di Gelar

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghasilkan ketupat yang kenyal dan lontong yang pulen untuk disajikan bersama hidangan Lebaran. Selamat mencoba dan selamat merayakan Lebaran Idulfitri 2024 dengan keluarga tercinta!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: