Misteri Permandian Taretta, Kisah Tak Terlupakan dari Mampotu

Misteri Permandian Taretta, Kisah Tak Terlupakan dari Mampotu

Mata Air Taretta-DISWAY NETWORK-

BONE, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Sebuah cerita mistis yang menyelimuti asal usul mata air di Permandian Taretta, Kelurahan Mampotu, Kecamatan Amali, Kabupaten Bone, telah menjadi pembicaraan hangat di kalangan masyarakat setempat. 

Konon, cerita ini mengisahkan kejadian yang menakutkan yang terjadi di sekitar mata air yang menjadi sumber permandian tersebut.

Dikisahkan bahwa di pohon besar yang menjadi sumber mata air tersebut, muncul seorang petani secara tiba-tiba. 

Keberadaan sang petani diawali dengan kehadiran seekor ikan moa yang misterius. Namun, satu jam setelah kedatangan sang petani, ketika ia naik ke darat, petani tersebut meninggal dengan cara yang misterius. 

BACA JUGA:Gua Belanda, Ternyata Tempat Perlindungan yang Menyimpan Kisah Masa Lalu di Indonesia

Cerita ini membuat penduduk sekitar menjadi takut untuk mengganggu ikan yang berada di dalam kolam mata air tersebut, karena takut akan mengalami nasib yang sama dengan sang petani.

Salah satu kisah menarik lainnya datang dari pengalaman M. Sufriady, seorang warga setempat yang berusia 50 tahun. 

Ia menceritakan pengalaman seseorang yang mengambil ikan dari pusaran mata air permandian tersebut. 

Namun, ketika ikan tersebut dimasak, terjadi hal yang sangat aneh. Ikan tersebut tidak bisa dimasak dengan benar, bahkan tubuhnya yang sudah dipotong-potong bersatu kembali dan ikan tersebut melompat-lompat di atas wajan. 

BACA JUGA:Menjadi Tempat Pemujaan dan Upacara Spiritual Gua Tabuhan yang Memikat

Menurut Sufriady, jika seseorang ingin mengambil ikan di tempat tersebut, mereka harus menunggu ikan keluar dari pusaran mata air.

Cerita mistis ini masih terus beredar hingga saat ini, dan masyarakat sekitar tetap menjaga jarak dari ikan yang ada di kolam permandian tersebut, karena takut akan mengalami nasib yang serupa dengan sang petani yang meninggal secara misterius.

Permandian Taretta memiliki cerita dan sejarah tersendiri. Menurut cerita yang beredar, nama "Mampotu" berasal dari peristiwa di mana seorang petani hanyut bersama kerbaunya dan terdampar di tempat tersebut, yang kemudian dinamai Mampotu. 

Kata "Mampotu" sendiri berasal dari bahasa Bugis, yaitu "Mompo Ko Tu", yang berarti "muncul di situ". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: