Inilah Dua Tokoh Bersejarah yang Membangun dan Memajukan Wilayah Mataram, Nomor 2 Bikin Kaget!

Inilah Dua Tokoh Bersejarah yang Membangun dan Memajukan Wilayah Mataram, Nomor 2 Bikin Kaget!

Pesantren Panggeran Purbaya-DISWAY NETWORK-

JAWA TENGAH, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Sejarah Indonesia tidak lepas dari peran dan pengaruh tokoh-tokoh bersejarah yang memiliki visi dan misi dalam membangun dan memajukan wilayahnya masing-masing. 

Salah satu wilayah yang memiliki banyak tokoh bersejarah adalah Mataram, sebuah kerajaan yang pernah berjaya di Pulau Jawa pada abad ke-16 hingga ke-18. 

Dalam artikel ini, kita akan mengenal dua tokoh bersejarah yang berasal dari Mataram, yaitu Pangeran Purbaya dan Raden Mas Hanggawana

Kedua tokoh ini memiliki hubungan keluarga, yaitu saudara ipar, karena Pangeran Purbaya menikah dengan puteri dari Ki Gede Sebayu, ayah dari Raden Mas Hanggawana. 

BACA JUGA:Misteri Jembatan Tegal Sari: Jejak Kuntilanak di Riau

BACA JUGA:Misteri Jalan Tegalsari: Penampakan Wanita Gaib di Tengah Malam

Meskipun memiliki peran yang berbeda dalam sejarah, keduanya sama-sama memiliki kontribusi yang berarti dalam pembangunan dan kemajuan wilayah Mataram.

Berjasa Memajukan Pendidikan dan Pembangunan

Pangeran Purbaya adalah putra dari Sultan Agung, raja Mataram yang terkenal dengan kebijakan dan prestasinya dalam memperluas wilayah dan menghadapi penjajah Belanda. 

Pangeran Purbaya lahir pada tahun 1611 dan memiliki nama asli Raden Mas Rangsang. Ia diberi gelar Pangeran Purbaya oleh ayahnya karena ia lahir di Purbalingga, salah satu wilayah kekuasaan Mataram. 

BACA JUGA:Keangkeran Makam Tegalarum: Mitos atau Kenyataan?

BACA JUGA:Keajaiban Misteri Makam Tegalarum di Gunungpati, Semarang

Pangeran Purbaya muncul sebagai tokoh penting dalam catatan sejarah Jawa, karena ia tidak hanya dikenal sebagai putra bangsawan, tetapi juga sebagai seorang pemimpin yang berjasa dalam memajukan pendidikan dan pembangunan di wilayahnya.

Dalam Babad Pagedongan, sebuah karya sastra Jawa yang menceritakan sejarah Mataram, disebutkan bahwa Pangeran Purbaya memiliki kelangenan berupa makhluk halus yang diberi nama Ki Juru Taman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: