Lukas Enembe, Mantan Gubernur Papua Meninggal Dunia di RSPAD

Lukas Enembe, Mantan Gubernur Papua Meninggal Dunia di RSPAD

Lukas Enembe, mantan Gubernur Papua periode 2013-2023, -DISWAY NETWORK-

JAKARTA, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Lukas Enembe, mantan Gubernur Papua periode 2013-2023, meninggal dunia saat sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta, Selasa (26/12/2023). 

Lukas Enembe meninggal dunia pada pukul 10.00 WIB, setelah sempat minta berdiri kepada keluarganya.

Menurut kuasa hukum Lukas Enembe, Antonius Eko Nugroho, Lukas Enembe menghembuskan nafas terakhirnya di hadapan adiknya, Pianus Enembe yang setia mendampingi dan merawatnya. 

"Menurut keterangan keluarga mendiang, sebelum meninggal, Bapak Lukas minta berdiri, kemudian Bapak Pianus membantu Pak Lukas untuk berdiri, dengan memegang pinggang Bapak Lukas, tidak lama berdiri, Bapak Lukas menghembuskan nafas terakhirnya," ujar Antonius.

BACA JUGA:Ricardo Salampessy Resmi Jadi Pelatih Kepala Persipura Jayapura

Antonius menambahkan, dari penuturan Pianus, sikap Lukas yang minta berdiri, ingin menunjukkan bahwa beliau kuat dan tidak bersalah. 

Lukas Enembe diketahui terjerat kasus dugaan tindak pidana korupsi berupa penerimaan suap dan gratifikasi saat menjabat sebagai Gubernur Papua 2013-2022.

"Begitu, Bapak Lukas tidak bernafas lagi, langsung kami tidurkan dan memanggil dokter. Sudah diberikan tindakan, namun Bapak sudah meninggal," kata Antonius menirukan keterangan Pianus.

Menurut keterangan adik Lukas, Elius Enembe, jenazah Lukas akan dibawa ke Jayapura, Papua, pada Rabu malam. 

BACA JUGA:Rahasia Terungkap: Papua, Pulau Emas dan Perak dengan Cadangan Terbesar di Dunia!

Rencananya, jenazah akan disemayamkan di rumah duka di Jayapura, sebelum dimakamkan di kampung halamannya, di Kabupaten Tolikara

"Kami berharap, Bapak Lukas dapat diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan, dan keluarga yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan dan kekuatan," ucap Elius.

Lukas Enembe lahir di Tolikara, Papua, pada 13 November 1967. 

Beliau menjabat sebagai Gubernur Papua sejak 2013, setelah memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Papua 2013. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: