Nama-nama 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur

Nama-nama 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur

Kalimantan Timur, sebuah provinsi yang berada di pulau Kalimantan, memiliki pesona alam dan kekayaan budaya yang menakjubkan. -DISWAY NETWORK-

SAMARINDA, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kalimantan Timur, sebuah provinsi yang berada di pulau Kalimantan, memiliki pesona alam dan kekayaan budaya yang menakjubkan. 

Terdiri dari 10 kabupaten dan kota yang kaya akan potensi sumber daya alam serta keindahan alamnya yang memukau.

Berikut nama-nama 10 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur:

1. Kabupaten Berau

BACA JUGA:Jarak Samarinda ke IKN, 4 Kota Terdekat IKN Apa Saja?

Terkenal dengan pesona Pulau Derawan, Kakaban, dan Maratua, kabupaten ini tidak hanya menjadi tempat beragam satwa langka tetapi juga menawarkan keindahan alam bawah laut yang memesona.

2. Kabupaten Kutai Barat

Melimpah dengan sumber daya alam seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam, kabupaten ini menonjol sebagai salah satu pilar ekonomi Kalimantan Timur.

3. Kabupaten Kutai Kartanegara

BACA JUGA:Bangga Usai Debat Cawapres 2024, Prabowo Beri Nilai 9,9 Kepada Gibran, Siap Jadi Jembatan Generasi Muda

Sebagai kabupaten terkaya di Kalimantan Timur, wilayah ini tidak hanya dikenal dengan pendapatan per kapita tertinggi tetapi juga sebagai bekas pusat kerajaan Kutai yang kaya akan sejarah.

4. Kabupaten Kutai Timur

Penghasil batu bara terbesar di Indonesia, kabupaten ini tak hanya memiliki cadangan yang melimpah tetapi juga kawasan konservasi seperti Taman Nasional Kutai dan Cagar Alam Bukit Bangkirai.

5. Kabupaten Mahakam Ulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: