Aksi Nelayan di Aceh Menolak Kapal Pengungsi Rohingya di Laut Aceh

Aksi Nelayan di Aceh Menolak Kapal Pengungsi Rohingya di Laut Aceh

Aksi Nelayan di Aceh Menolak Kapal Pengungsi Rohingya Di Laut Aceh.--

ACEH, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Derasnya arus kedatangan pengungsi Rohingya di Aceh menimbulkan kekhawatiran di kalangan warga lokal. 

Terkait hal ini, warga lokal secara inisiatif berusaha menghalau kapal pengungsi Rohingya yang hendak masuk ke Aceh.

Seorang nelayan baru-baru ini terlihat dalam video viral saat menghalau kapal pengungsi Rohingya yang akan berlabuh di pantai Aceh.

Dalam video tersebut, seorang nelayan paruh baya mendekati kapal pengungsi Rohingya dengan upaya menghalangi mereka. 

BACA JUGA:Dwitri Kartini Serahkan Berkas Pencalonan Ketua PWI Sumsel

Sementara itu, nelayan di Bireuen, dari Kecamatan Samalanga hingga Gandapura, terus melakukan pengawasan dan patroli di laut dengan tujuan mencegah kapal pengungsi Rohingya mendarat di wilayah Bireuen.

Ketua DPD Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Bireuen, Badruddin Yunus, menyampaikan respons terhadap meningkatnya jumlah pengungsi Rohingya yang mendarat di Aceh, termasuk di Bireuen. 

Meskipun para nelayan berupaya mencegah mendaratnya pengungsi di kawasan Bireuen, mereka menghadapi keterbatasan jika kapal tersebut sudah berhasil mendarat.

BACA JUGA:Pemilihan Duta Baca Pelajar dan Pengukuhan Bunda Literasi Kecamatan di Kabupaten Empat Lawang 2023

Badruddin juga menginformasikan bahwa sejumlah kapal yang diduga membawa pengungsi Rohingya masih berada di laut lepas, dan para nelayan terus memantau pergerakan mereka.

Mereka diinformasikan berada di zona bebas dan bergerak tidak jelas arahnya.

Mantan Panglima Laot Bireuen, Badruddin, berharap pihak terkait melakukan patroli di laut untuk mencegah pengungsi Rohingya mendarat di Bireuen dan Aceh pada umumnya. (Pad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: