5 Ritual Masyarakat Indonesia Usai Beli Kendaraan Baru, Nomor 2 Mandi Bunga dan Dibiarkan Semalaman

5 Ritual Masyarakat Indonesia Usai Beli Kendaraan Baru, Nomor 2 Mandi Bunga dan Dibiarkan Semalaman

Ritual usai beli kendaraan baru-DISWAY NETWORK-

JAKARTA, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kendaraan baru, baik itu motor atau mobil, merupakan salah satu impian banyak orang. Selain sebagai alat transportasi, Kendaraan baru juga bisa menjadi simbol prestise dan keberhasilan. 

Namun, sebelum menggunakan kendaraan baru, banyak masyarakat Indonesia yang melakukan ritual tertentu untuk memohon keberkahan dan keselamatan.

Ritual-ritual ini bervariasi tergantung pada adat istiadat, agama, dan kepercayaan masing-masing daerah. Berikut adalah beberapa contoh ritual yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia usai beli kendaraan baru:

  1. Menaburkan Beras dan Melempari Telur
  2. Mandi Bunga dan Dibiarkan Semalaman
  3. Membaca Doa dan Shalawat
  4. Memberikan Sesaji dan Menyembelih Hewan
  5. Menyemprotkan Air Zam-Zam atau Air Suci

BACA JUGA:Rekomendasi Jenis Sepeda Motor yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

1. Menaburkan Beras dan Melempari Telur

Ritual ini viral di media sosial TikTok, yang memperlihatkan seorang pria yang tengah melakukan ritual doa untuk sebuah mobil baru. Momen tersebut diunggah oleh pemilik akun Virgovirgooo yang merupakan kekasih dari sang pemilik mobil¹².

Dalam video tersebut, terlihat sang ayah dari pemilik akun menaburkan beras ke arah mobil yang masih terbungkus plastik. Kemudian, ia juga melemparkan telur ke kap mesin dan ban mobil. Tak hanya mobil, sang pemilik mobil pun ditaburi beras di kepala oleh sang ayah.

Menurut keterangan video, ritual ini dilakukan agar barang dan orangnya tidak terjadi hal-hal aneh, tapi dibawa dalam doa juga. Beberapa warganet yang menonton video ini mengaku bahwa ritual ini juga ada di daerah mereka, seperti Madura dan Aceh. Di Aceh, ritual ini disebut "peusijuk", yang dilakukan untuk setiap kendaraan baru, rumah baru, pasangan baru, atau saat hamil tujuh bulan.

BACA JUGA:Review Zhiyun Smooth 5, Gimbal Stabilizer Terbaik untuk Vlogging

2. Mandi Bunga dan Dibiarkan Semalaman

Ritual ini juga ada di daerah Madura, yang dilakukan untuk setiap kendaraan baru. Kendaraan baru tersebut dimandikan bunga, kemudian dibiarkan semalaman di tempat tertentu. Keesokan harinya, baru boleh digunakan oleh pemiliknya.

Menurut salah satu warganet, ritual ini bertujuan untuk membersihkan kendaraan dari hal-hal negatif yang mungkin ada. Jika tidak melakukan ritual ini, ada kemungkinan kendaraan akan mengalami kecelakaan atau kerusakan.

3. Membaca Doa dan Shalawat

BACA JUGA:YouTube Bersiap Buka Toko Online: Shopee-Tokopedia Perlu Waspada

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: