Pembangunan Jalan Tol IKN, Percepatan Akses ke Kawasan Ibu Kota Negara Nusantara

Pembangunan Jalan Tol IKN, Percepatan Akses ke Kawasan Ibu Kota Negara Nusantara

Pembangunan Jalan Tol IKN, Percepatan Akses ke Kawasan Ibu Kota Negara Nusantara.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang mengakselerasi pembangunan jalan tol menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Proyek jalan tol ini akan menghubungkan kawasan Balikpapan-IKN sepanjang kurang lebih 40 km.

Jalan tol ini akan menjadi penghubung penting dengan jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), yang akan secara signifikan mempersingkat perjalanan dari Balikpapan ke KIPP IKN, mengurangi waktu tempuh dari sekitar 2 jam menjadi hanya sekitar 30 hingga 45 menit.

Direktur Jenderal Bina Marga, Hedy Rahadian, menjelaskan bahwa pembangunan jalan tol IKN Segmen 3A-3B dan 5A sedang dikerjakan terlebih dahulu karena melibatkan pembangunan jembatan-jembatan penghubung yang akan mempermudah perjalanan dari Balikpapan ke KIPP IKN.

BACA JUGA:Pembangunan Jalan Trans Papua, Tantangan dan Harapan untuk 2024

"Setelah selesai, nanti akan dilanjutkan dengan pembangunan segmen 5B, 6A-6B. Nanti akan tersedia 4 hingga 6 lajur, tetapi waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 45 menit untuk sampai ke IKN. Kementerian PUPR berharap bahwa pada tahun 2024, perjalanan ke IKN akan memanfaatkan jalan tol ini, sehingga percepatan pekerjaan sangat penting," ungkap Hedy.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur, Reiza Setiawan, menjelaskan bahwa pembangunan Jalan Tol IKN saat ini terdiri dari tiga seksi, yaitu Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km.

"Progres pada Segmen 3A saat ini mencapai 22%, Seksi 3B mencapai 36%, dan Seksi 5A mencapai 53%. Ketiga seksi ini diharapkan selesai pada pertengahan tahun 2024," kata Reiza.

BACA JUGA:Palembang - Jambi Terhubung oleh Tol Trans Sumatera, Perjalanan Diprediksi Hanya 3 Jam: Ini Perkembangan Konst

Reiza juga menambahkan bahwa dalam pekerjaan Seksi 3A, mereka juga membangun Jembatan Sungai Wain dengan panjang 913 meter di sisi utara dan 916 meter di sisi selatan.

Demikian pula, ada Jembatan Dirgahayu dalam pekerjaan Seksi 5A.

Kedua jembatan ini memiliki desain yang dibuat oleh seniman Nyoman Nuarta.

Saat ini, konstruksi sedang berlangsung, termasuk pembebasan lahan.

BACA JUGA:Menteri Basuki Hadimuljono Mendorong Perhatian terhadap Kualitas Jalan dan Lingkungan Ruas Jalan Tol IKN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: