Misteri Terungkap, Geger Saat Makam Dukun Sakti Dibongkar, Isinya Mengejutkan

Misteri Terungkap, Geger Saat Makam Dukun Sakti Dibongkar, Isinya Mengejutkan

Peneliti di Kompleks Arkeologi Pacopampa.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Belum lama ini, sebuah makam kuno yang diyakini sebagai kuburan seorang dukun sakti yang hidup 3.000 tahun lalu di Peru, telah ditemukan oleh tim arkeolog di Kompleks Arkeologi Pacopampa, dataran tinggi Peru.

Makam ini menyimpan misteri yang mengejutkan.

Menurut laporan dari Live Science, pada Selasa, 3 Oktober 2023, para arkeolog menemukan makam ini dan menemukan bahwa jasad dukun tersebut dimakamkan bersama dengan cap stempel yang bergambar jaguar.

Kemungkinan besar, benda ini digunakan untuk ritual kematian, mungkin untuk melukis tubuh.

BACA JUGA:Begini Rahasia Asal Usul Batu di Situs Gunung Padang Terungkap Melalui Penelitian Geologi

Awalnya, tim arkeolog mengidentifikasi individu dalam makam ini sebagai seorang 'pendeta', tetapi Yuji Seki, seorang arkeolog di Museum Etnologi Nasional Jepang dan salah satu direktur arkeologi, percaya bahwa orang tersebut lebih mirip seorang dukun yang mengendalikan kekuatan jaguar, ular, dan burung pemangsa.

Seki menggambarkan dukun ini sebagai seorang tokoh spiritual yang mampu memberikan nasihat dan syafaat kepada warga yang datang padanya, karena dia diyakini memiliki kemampuan untuk menghubungkan dunia gaib dengan dunia nyata.

Pada masa lalu, masyarakat mungkin sangat bergantung pada dukun seperti ini untuk mendapatkan panduan hidup atau meminta kesembuhan, dengan dukun menggunakan kekuatan spiritualnya untuk membantu mereka.

BACA JUGA:Kejutkan Seantero Dunia, 1 Juta Misteri di Balik Situs Megalith Gunung Padang

"Dengan kata lain, dia pasti memiliki kemampuan untuk menjadi perantara antara dunia spiritual dan dunia nyata. Cap stempel yang ditemukan di makamnya mungkin merupakan simbol otoritas," ungkap Seki. (Pad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: