Maulid Nabi, Antusiasme Warga GTP, dan Merawis Santri Ponpes Darul Muhambbah Mumukau

Maulid Nabi, Antusiasme Warga GTP, dan Merawis Santri Ponpes Darul Muhambbah Mumukau

ust Dodi Irawan pimpinan ponpes darul muhabba menyampaikan tausyah-adi. rel-

“Laqad kāna lakum fī rasūlillāhi uswatun ḥasanatul liman kāna yarjullāha wal yaumal ākhira wa żakarallāha kaṡīrā.”

BACA JUGA:Gunung Padang Menurut Anak Indigo, Mengungkap Penghuni Situs Gunung Padang, Simak Disini !

Artinya: “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari berhenti dan Dia banyak menyebut Allah.” (QS Al Ahzab : 21).

Kemuliaan akhlak Nabi Muhammad tidak hanya diakui oleh kalangan umat Islam saja. Kaum non-Muslim pun ikut memuji perangai beliau. Sampai-sampai beliau digelari Al Amin karena kejujurannya.

Kedatangan Nabi Muhammad ke dunia untuk memperbaiki akhlak manusia. Syaikh Yusuf al-Qaradhawi dalam buku Kaifa Nata'amal ma'al Qur'an mengatakan bahwa salah satu tujuan syariat Islam yaitu menyucikan hati manusia dan mendidik akhlak.

BACA JUGA:Keajaiban di Tol Padalarang: Perjalanan Gaib Dokter Cantik Menemukan Istana, Masjid dan Kota Megah, Viral !

Akhlak atau moral sangat diperlukan dalam kehidupan manusia di segala zaman. Seperti yang terjadi sekarang ini, berbagai kemungkaran lebih mudah ditemui. Ini menandakan bahwa suara keburukan jauh lebih banyak daripada kebaikan.

Melalui momen peringatan Maulid Nabi kali ini, mari kita mengingat kembali mengenai pentingnya penerapan akhlak mulia. Kita perlu mencontoh Rasulullah dalam upayanya mengatur negara yang baik sambil menata masyarakat menjadi lebih bermoral.

BACA JUGA:Siapa yang Membangun Situs Gunung Padang? Ini Proses Bagaimana Situs Gunung Padang Dibangun

Perilaku akhlak menjadi simpul ketaatan dan keimanan yang bisa memperbaiki dan mengubah moralitas masyarakat. Sebagai bentuk revolusi moral, akhlak yang dicontohkan Nabi Muhammad harus ditempatkan sebagai tindakan nyata pada pergaulan global yang penuh tantangan.

Aspek kebaikan, kejujuran, kesalehan, dan keadilan bagi semua kalangan yang diajarkan beliau, perlu ditanamkan pada setiap tindakan individu.

Apa yang biasanya dilakukan pada saat perayaan maulid? Yang dilakukan tiada yang lain adalah hal-hal yang disyariatkan dan dianjurkan untuk dikerjakan.

BACA JUGA:Penertiban APK Menjelang Pemilu 2024, Ini Langkah Bawaslu Empat Lawang

Misalnya adalah memperbanyak membaca Al-Qur'an, l membaca salawat, melantunkan puji-pujian kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam, menjelaskan sejarah hidup Baginda Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam dan kebaikan-kebaikan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: