Daftar 11 Harta Karun Kerajaan Sriwijaya yang Terungkap dari Dasar Sungai Musi

Daftar 11 Harta Karun Kerajaan Sriwijaya yang Terungkap dari Dasar Sungai Musi

Ilustrasi harta karun Kerajaan Sriwijaya.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Dalam edisi terbaru 2021, majalah Wreckwatch membocorkan sejumlah fakta menarik mengenai penemuan harta karun yang diduga berasal dari Kerajaan Sriwijaya, yang terletak di Palembang, Sumatera Selatan.

Banyak dari harta karun yang telah ditemukan adalah artefak bersejarah dari masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya yang diambil dari dasar Sungai Musi.

Pada zaman dahulu, Sungai Musi, dengan panjang sekitar 750 kilometer, menjadi titik awal bagi perdagangan dan jalur sutra yang memainkan peran penting di Asia Tenggara mulai dari abad ketujuh hingga sepuluh.

BACA JUGA:Gunung Padang, Satu Hal yang Ditakuti Dunia jika Penelitian di Situs Terus Dilanjutkan, Ini Jawabannya!

Sebelum penemuan besar-besaran ini, para nelayan juga telah menemukan harta karun yang diduga berasal dari Kerajaan Sriwijaya saat mereka melakukan penyelaman malam di Sungai Musi.

Di antara temuan mereka adalah batu permata, cincin upacara emas, koin, dan lonceng perunggu milik biarawan.

Namun, salah satu penemuan yang paling mencolok adalah patung Buddha asli dari abad ke-8 yang dihiasi dengan permata senilai miliaran rupiah.

BACA JUGA:Mengungkap Misteri Pulau Socotra, 5 Fakta Unik dan Klaim Terkait Dajjal

Dr. Sean Kingsley, seorang penulis dan arkeolog maritim asal Inggris yang mengungkap penemuan ini, menyatakan bahwa dalam lima tahun terakhir, penemuan-penemuan luar biasa terus muncul.

Kingsley menggambarkan harta karun ini sebagai bukti yang meyakinkan bahwa Sriwijaya adalah "dunia air," di mana penduduknya hidup di sekitar sungai, mirip dengan manusia perahu modern, sesuai catatan dalam teks-teks kuno.

Dengan temuan ini, Kingsley menegaskan bahwa para nelayan lokal telah berhasil mengungkap misteri Sriwijaya, yang sekarang menjadi bagian dari sebuah publikasi musim gugur setebal 180 halaman yang berfokus pada Tiongkok dan Jalur Sutra Maritim.

BACA JUGA:Legenda Sumur Putri, Kisah Cinta di Teluk Betung, Bandar Lampung Begini Ceritanya

Menurut laporan dari Daily Mail, Sumatera pada masa lalu dikenal sebagai "Pulau Emas" karena kaya akan deposit emas dan sumber daya alam.

Peningkatan perdagangan, terutama dengan terbukanya pasar China, memicu permintaan ekspor komoditas dari Indonesia ke China, termasuk artefak seperti patung Buddha yang banyak ditemukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: