Duh! Kebakaran Lahan Sebabkan Perkebunan Kopi dan Durian Desa Muara Pinang Musnah

Duh! Kebakaran Lahan Sebabkan Perkebunan Kopi dan Durian Desa Muara Pinang Musnah

Sebuah peristiwa kebakaran lahan yang menghanguskan tanaman kopi,dan durian milik warga Desa Muara Pinang, Kecamatan Muara Pinang, Empat Lawang, telah terjadi pada Jumat (1/9/2023) siang.-Istimewa-

Duh! Kebakaran Lahan Sebabkan Perkebunan Kopi dan Durian Desa Muara Pinang Musnah

EMPATLAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Sebuah peristiwa kebakaran lahan yang menghanguskan tanaman kopi,dan durian milik warga Desa Muara Pinang, Kecamatan Muara Pinang, Empat Lawang, telah terjadi pada Jumat (1/9/2023) siang.

Kebakaran ini menjadi sorotan di kawasan perkebunan Berangsano Desa Muara Pinang, karena tidak diketahui penyebab pasti dan asal mulai api yang menyulut kebakaran tersebut.

Kebakaran terjadi di lokasi yang cukup jauh dari pemukiman utama desa, sehingga awal mula api tidak disadari oleh banyak warga. 

BACA JUGA:SEGERA! Dispar Buka Pemilihan Duta Kopi Empat Lawang 2023, Catat Tanggalnya!

Bahkan, saat api sudah berkobar dengan besar, sebagian warga tengah menjalankan ibadah solat Jumat.

Salah satu warga Desa Muara Pinang Baru, yang dikenal dengan sebutan Pahur, mengungkapkan bahwa banyak yang tidak mengetahui penyebab kebakaran tersebut karena saat itu banyak warga sedang dalam kegiatan solat Jumat. 

Hal ini membuat respons awal terhadap kebakaran menjadi terhambat.

Namun, berkat kerjasama antara pemilik kebun, warga setempat, dan petugas dari TNI dan Polri, api berhasil dipadamkan. 

BACA JUGA:Kirim 10 Siswa Terbaik Empat Lawang Berprestasi dalam Latihan Kepemimpinan Siswa ke Tingkat Provinsi

Meskipun mereka hanya menggunakan alat seadanya seperti ember dan ranting kayu, dalam hitungan jam mereka berhasil mengatasi kebakaran ini. 

Berkat usaha keras mereka, api tidak merambat terlalu luas ke kebun lainnya.

Tetapi, akibat dari peristiwa kebakaran lahan ini, puluhan tanaman kopi, lada, dan kokoa yang dimiliki oleh dua warga setempat hangus terbakar. 

Usaha yang cepat dan kerjasama dari berbagai pihak telah mencegah kerusakan yang lebih besar, namun kerugian materiil tetap terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: